HOME, Santai

Sudah Tahu Belum? Ini Loh 4 Tanda Orang Manipulatif! Kenali Cirinya Berikut Ini

Sudah Tahu Belum? Ini Loh 4 Tanda Orang Manipulatif! Kenali Cirinya Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Dengan semakin banyaknya istilah psikologis untuk menjelaskan sebuah situasi membuat orang-orang menjadi lebih mawas diri dengan tindakan orang lain dan diri sendiri.

Salah satunya adalah sikap manipulatif. Sikap tersebut biasanya dapat dilakukan oleh orang lain maupun diri sendiri tanpa disadari.

Nah, berikut ini adalah beberapa tanda atau ciri orang yang manipulatif. Coba cek diri sendiri juga ya!

Baca Juga: Bisa Mengganggu Produktivitas, Coba 5 Cara Sederhana Ini untuk Mencegah Mood Swing

Tidak mau disalahkan

Seorang yang manipulatif memiliki sifat yang tidak mau disalahkan. Biasanya mereka akan menyalahkan orang lain atas kesalahan yang mereka perbuat sendiri.

Melansir dari laman Life Hack, manipulator tidak akan merasa atau mengakui kesalahan yang dibuatnya jika hal tersebut akan merugikan mereka. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mencari orang lain atau hal lain untuk disalahkan.

Tidak bertanggung jawab dan tidak konsisten

Manipulator atau orang-orang manipulatif memiliki kesulitan untuk menerima tanggung jawab atas perbuatan yang dilakukannya. Mereka pun juga pandai untuk melemparkan tanggung jawab pada orang lain sehingga membuat orang tersebut merasa bersalah tanpa disadari.

Orang yang manipulatif juga memiliki kesulitan untuk menjadi konsisten. Pada awalnya mungkin mereka akan menyetujui pendapat atau saran, komitmen, atau permintaan yang diberikan pada mereka. Namun ketiika hal tersebut dibutuhkan mereka dapat dengan mudah melupakannya.

Baca Juga: Mengenal Metode Decluttering, Cocok untuk Merapikan Rumah Minimalis!

Seorang mind game

Manipulator juga merupakan seorang mind game yang handal. Dimana ia memiliki kekuatan untuk bisa membuat lawan bicaranya menjadi bingung dan lemah.

Laman Bustle menjelaskan bahwa manipulator akan sering kali melakukan beberapa hal yang ditujukan untuk membuat lawan bicaranya kebingungan. Terutama dengan cara menjadi salah satu orang yang bersalah, meminta maaf, dan berlagak seperti korban sehingga lawannya akan merasa bersalah tanpa disadari.

Mengabaikan orang lain

Seorang manipulator memiliki kebiasaan yaitu dapat dengan mudah mengabaikan orang lain. Mereka menganggap saran atau perkataan orang lain tidak penting dan berasumsi bahwa pandangan merekalah yang bisa diterima.

Orang yang manipulatif juga seringkali memutuskan segala sesuatunya tanpa mendengar pendapat orang lain. Biasanya hal tersebut mereka lakukan dalam kepala dan kemudian mereka yakini sebagai hal yang benar sebagai kesimpulannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News