HOME, Keluarga

4 Cara Perkuat Bonding antara Ibu dan Anak di Masa Pandemi

4 Cara Perkuat Bonding antara Ibu dan Anak di Masa Pandemi

MOMSMONEY.ID -   Apasih bonding, itu? Orang kerap menyebut bonding dengan pasangan, kegitan bonding kepada anak. Sebenarnya apa sih makna kata bonding?

Bonding adalah ikatan. Ikatan yang dimaksud adalah proses pengembangan dekat, hubungan interpersonal antara dua atau lebih.

Hubungan interpersonal ini bervariasi dalam tingkat keintiman atau pengungkapan diri, tetapi juga dalam durasinya, dalam timbal baliknya dan dalam distribusi kekuatannya, untuk menyebutkan beberapa dimensi saja, dikutip dari Wikipedia.

Nah, Bonding antara ibu dan anak di masa pandemi menjadi penting untuk diperhatikan. Apalagi di masa pandemi COVID-19, orang tua bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin saat berada di rumah untuk perkuat bonding dengan anaknya.

Meskipun selama ini kamu harus bekerja di kantor, selama work from home ini, manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk memperkuat ikatan dengan anak dengan melakukan berbagai aktivitas bersama.

Mengutip dari Wikipedia, ikatan yang kuat ini juga baik untuk orangtua dan memudahkan pendekatan secara emosional. Tapi, tidak sedikit orangtua yang kadang bingung cara membangun ikatan emosional ini dengan anaknya. Lakukan 4 cara ini untuk perkuat bonding antara ibu dan anak di masa pandemi.

Makan Bersama

Dilansir dari Psychology Today, makan malam bersama memberikan kenyamanan untuk setiap anggota keluarga, khususnya anak. Kebiasaan ini mampu membantu setiap anggota keluarga untuk tetap bisa berpikir positif dan melewati masa-masa sulit.

Saat anak-anak diajari pentingnya makan bersama, hal ini akan menjadi kebiasaan baik. Saat anak memasuki masa remaja, kebiasaan menyempatkan makan bersama keluarga juga membiasakan berkomunikasi dengan baik kepada orang tua.

Baca Juga: Pahami 7 Cara Mendidik Anak Usia Dini, Mom 

Membersihkan Rumah Bersama-Sama

Jangan hanya kamu yang melakukan aktivitas membersihkan rumah sebagai bentuk tanggung jawab. Sebaiknya ajak anak untuk ikut membersihkan juga. Beri pekerjaan yang ringan seperti merapikan mainannya sendiri atau merapikan tempat tidurnya. 

Hal ini bisa untuk mengajari anak bertanggung jawab dan memberi pengetahuan tentang menjaga kebersihan. Dengan melakukan aktivitas tersebut, bonding antara ibu dan anak akan semakin kuat.

Membacakan Buku Setiap Malam Sebelum Tidur

Meskipun kamu adalah orang tua yang sibuk bekerja, sempatkan waktu untuk anak. Luangkan waktu di malam hari untuk sekedar membacakan cerita atau dongeng sebelum tidur. Kebiasaan ini akan memberikan memori baik untuk anak agar gemar membaca.

Selain itu momen ini bisa menjadi bonding antara ibu dan anak karena akan melakukan obrolan dan diskusi ringan sebelum tidur. Berkomunikasi dengan baik dan saling mendengarkan akan semakin memperkuat ikatan emosional yang terjalin.

Baca Juga: Simak Cara Merawat Anak Positif Covid-19 Tanpa Gejala

Physical Touch 

Menurut website 5lovelanguages, physical touch atau sentuhan fisik menjadi salah satu bahasa cinta yang bisa dipraktikkan bukan hanya kepada pasangan, melainkan kepada buah hati kesayangan juga. Contoh sentuhan fisik yang bisa diberikan untuk anak, mencium pipi atau mengelus rambut. Hal ini akan mempererat ikatan antara orang tua dan anak. 

Ibu juga bisa mengajak anak ngobrol dan memberikan afirmasi atas perasaan yang sedang dialami dengan memeluk, menyentuh atau mengusap tangannya. Ini akan menjadi memori baik untuk anak supaya bisa jujur dan berani mengungkapkan perasaannya di kemusia hari.

Itulah  4 cara perkuat bonding antara ibu dan anak di masa pandemi. Selamat meluangkan waktu bersama anak kesayangan!

Selanjutnya: Ini Dia Gaya Hidup Terhindar dari Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News