HOME, Keluarga

Sudah Dapat Tiket Vaksin Booster, Kemenkes: Sudah Bisa Divaksinasi

Sudah Dapat Tiket Vaksin Booster, Kemenkes: Sudah Bisa Divaksinasi

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Vaksinasi dosis lanjutan atau booster sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu. Pemerintah pun menetapkan lansia dan kelompok rentan sebagai prioritas utama.

Beberapa waktu terakhir, banyak orang sudah mendapatkan tiket vaksin booster yang terlampir dalam PeduliLindungi. Tak hanya lansia dan kelompok rentan, ada juga masyarakat di luar kelompok ini yang sudah mendapatkan tiket vaksinasi.

Meski sudah mendapatkan tiket vaksinasi booster, tetapi ada juga tiket yang tidak memiliki jadwal serta lokasi vaksinasi. Lantas, apakah masyarakat ini sudah bisa mendapatkan vaksinasi booster?

Baca Juga: BPOM Terbitkan Persetujuaan Penggunaan 2 Regimen Tambahan untuk Vaksinasi Booster

Juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi pun mengatakan, setiap orang yang sudah mendapatkan tiket vaksin booster dipersilahkan datang ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan vaksinasi. Ini juga termasuk kepada non prioritas. Meski begitu, vaksinasi pun tergantung pada ketersediaan vaksin saat itu.

"Setiap orang yang sudah dapat tiket vaksin sudah bisa mendapat vaksinasi booster. Kapan waktunya tentunya bisa hari itu juga atau besok tergantung stok vaksin," terang Nadia kepada Momsmoney, Senin (17/1).

Adapun, dia mengatakan bagi orang yang belum mendapatkan tiket dan bukan lansia dan kelompok rentan, maka mereka diminta untuk menunggu info lebih lanjut dari Dinas Kesehatan atau Puskesmas setempat.

Lalu bagaimana cara memeriksa tiket vaksin booster melalui PeduliLindungi?

Melalui website, masyarakat bisa mengunjungi pedulilindungi.id dan mengecek status dan tiket vaksinasi dengan memasukkan “Nama Lengkap” dan “NIK”, lalu klik periksa.

Sementara, melalui aplikasi PeduliLindungi, ikuti langkah berikut:
1. Buka aplikasi PeduliLindungi
2. Masuk dengan akun yang terdaftar
3. Klik menu “Profil” dan pilih “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”
4. Status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun.
5. Untuk cek tiket vaksin, masuk ke menu “Riwayat dan Tiket Vaksin”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News