HOME, Bugar

Sudah Coba Diet Telur Asin? Diet Ini Aman dan Efektif Turunkan Berat Badan

Sudah Coba Diet Telur Asin? Diet Ini Aman dan Efektif Turunkan Berat Badan

MOMSMONEY.ID - Telur asin adalah hasil dari pengawetan telur yang dapat ditemukan dibeberapa negara, misalnya Indonesia, Cina dan Taiwan.

Keuntungan dari proses pengasinan di samping pengawetan juga dapat meningkatkan cita rasa khas masir atau berpasir yang didapatkan dari kuning telur. 

Telur yang biasa digunakan untuk pembuat telur asin adalah telur itik. Manfaat telur asin untuk kesehatan sangat baik bagi orang yang tidak memiliki penyakit. 

Namun, jika Anda memiliki penyakit tertentu seperti hipertensi dan kolesterol tinggi hal ini harus kamu konsultasikan lagi ke dokter sebelum melakukan diet telur asin. 

Baca Juga: Waspada! Inilah Sederet Tanda Anda Harus Segera Mulai Diet

Dilansir dari Healthline, adapun kandungan nutrisi yang terdapat dalam satu butir telur asin, antara lain :

1. 137 kalori

2. 10,23 gram lemak

3. 1,08 gram karbohidrat

4. 9,51 gram protein

5. 656 mg kolesterol

6. 0,69 gram gula

7. 397 mg sodium

8. 165 mg kalium

Baca Juga: Ketahui Manfaat Shirataki untuk Kesehatan Sebelum Mengonsumsinya

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 160 orang (pria dan wanita), dibagi menjadi dua kelompok secara acak. 

Pembagian kelompoknya meliputi 80 orang mengganti sarapan mereka dengan telur asin dan 80 lainnya memakan roti dengan kandungan kalori dan lemak yang sama. 

Dari penelitian tersebut, orang yang sarapan telur asin mengalami penurunan berat badan lebih banyak, setidaknya 65% lebih besar dibandingkan dengan orang yang sarapannya dengan roti.  

Kandungan kalori yang cukup tinggi pada telur asin membuat Anda merasa kenyang lebih lama saat mengonsumsinya. Sehingga secara otomatis Anda akan mengurangi makanan lainnya.

Orang dewasa yang sehat dapat menikmati sarapan telur asin untuk diet tanpa khawatir akan resiko stroke maupun penyakit jantung akibat kolesterol tinggi.  

Untuk melakukan diet telur asin, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu mengganti sarapan dengan telur asin utuh.

Untuk menghindari sembelit, disarankan untuk mengimbanginya lebih banyak meminum air putih. Anda juga bisa memakan sayuran dan makanan dengan indeks glikemik rendah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News