HOME, Bugar

Sudah Ada di Indonesia, Waspadai Omicron BA.4 dan BA.5

Sudah Ada di Indonesia, Waspadai Omicron BA.4 dan BA.5

MOMSMONEY.ID - Mutasi varian COVID-19 terbaru, Omicron BA.4 dan BA.5 telah terdeteksi di Indonesia beberapa hari yang lalu.

Varian terbaru ini dinilai lebih menular dan mampu meloloskan diri dari perlindungan kekebalan jika dibandingkan dengan varian sebelumnya.

Subvarian dari virus Omicron tersebut diketahui memiliki tingkat kesakitan rendah pada pasien yang terkonfirmasi positif.

Ada 4 kasus subvarian baru BA.4 dan BA.5 pertama yang dilaporkan di Indonesia pada 6 Juni 2022.

Baca Juga: Bibir Mudah Kering? Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

4 kasus itu terdiri dari 1 orang positif BA.4 seorang WNI dengan kondisi klinis tidak bergejala serta vaksinasi sudah dua kali, dilansir dari laman Sehat Negeriku.

Kondisi klinis tiga orang itu antara lain dua orang tidak bergejala dan satunya gejala ringan dengan sakit tenggorokan dan badan pegal. Mereka rata-rata sudah vaksin Booster.

Dilansir dari Medical News Today, hingga kini peneliti masih berusaha mengungkap karakteristik yang membuat BA.4 dan BA.5 unik.

Data awal dari hasil studi laboratorium menunjukkan bahwa subvarian Omicron ini telah berevolusi lebih mudah menular dan dengan pertahanan kekebalan yang lebih baik.

ECDC melaporkan bahwa belum ada bukti peningkatan keparahan dibandingkan varian sebelumnya, BA.4 dan BA.5 tampaknya lebih menular.

Baca Juga: 4 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Darah Rendah

Meski begitu, sejauh ini subvarian Omicron ini dinilai tidak memiliki kapasitas untuk menimbulkan penyakit yang lebih parah. 

Melansir dari ECDC, menunjukkan bahwa lonjakan kasus subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 kemungkinan disebabkan karena kemampuan virus dalam menghindari perlindungan kekebalan dari infeksi sebelumnya, terutama bila jarak infeksi COVID-19 sudah cukup lama. 

Penyintas subvarian Omicron BA.1 yang belum divaksinasi masih berpotensi terkena subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 dengan gejala.

Namun, orang yang telah divaksinasi COVID-19 dinilai masih lebih aman atau terlindungi jika dibandingkan individu yang belum mendapatkan vaksinasi. 

Selain tetap mematuhi protokol kesehatan, Anda juga perlu mengonsumsi vitamin dan suplemen secara rutin agar daya tahan tubuh tetap terjaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News