BisnisYuk

Strategi Pelaku UMKM Naik Kelas, Bisa Manfaatkan Platform Kadin Ini

Strategi Pelaku UMKM Naik Kelas, Bisa Manfaatkan Platform Kadin Ini

MOMSMONEY.ID - Buat pelaku UMKM yang ingin naik kelas, bisa memanfaatkan platform besutan Kadin Indonesia, Wiki Wirausaha.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memperkuat program pengembangan dan pendampingan bagi pelaku UMKM agar bisa naik kelas.

Selain meluncurkan Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas, Kadin Indonesia merilis platform digital bagi UMKM.

Franky O. Widjaja, Wakil Ketua Umum Kadin II Bidang Perekonomian, menyebutkan, saat ini perusahaan melakukan pendampingan melekat kepada UMKM binaan mulai dari hulu sampai hilir.

Baca Juga: Gerakan Kemitraan Inklusif UMKM Perusahaan Mulai Bangun Ekosistem

Sehingga, UMKM tidak hanya masuk dalam rantai pasok perusahaan tetapi juga bisa meningkatkan skala bisnisnya.

"Kami akan terus kumpulkan para pengusaha yang besar dan menengah, dari pusat maupun daerah. Kami mengajak mereka untuk gotong royong untuk bisa membantu UMKM jadi saling win-win antara kebutuhan perusahaan dan kebutuhan UMKM," ujar Franky.

Kadin Indonesia meluncurkan Wiki Wirausaha yang merupakan platform yang menghubungkan UMKM ke perusahaan besar sesuai dengan kebutuhannya, mulai teknologi produksi, pembiayaan maupun akses pasar.

"Memang persoalan yang paling mendasar, UMKM tidak ada teknologinya, pembibitannya tidak ada, keuangannya tidak ada. Terutama juga pemasarannya, masalah mereka itu punya barang tetapi tidak bisa menjualnya,"ungkap Franky.

Baca Juga: Promo Indomaret Susu Sehat Harga Hemat Periode 1-15 Oktober 2022, Cek di Sini

Tertarik untuk masuk dalam rantai pasok industri besar, UMKM bisa melakukan pendaftaran di wikiwirausaha.id.

Pelaku UMKM bisa memilih kategori bisnis seperti fesyen, kecantikan, kesehatan, kuliner, pendidikan, perikanan, peternakan, teknologi, maupun transportasi.

Nantinya, kebutuhan pelaku UMKM akan link and match dengan perusahaan besar di bawah naungan Kadin Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News