Strategi Investasi Dipengaruhi Gender, Namun Ini Tak Sepenuhnya Berlaku di Milenial

Reporter: Francisca Bertha Vistika
Jumat, 30 Juli 2021 | 06:38 WIB
Strategi Investasi Dipengaruhi Gender, Namun Ini Tak Sepenuhnya Berlaku di Milenial

ILUSTRASI. Perbedaan gender dapat mempengaruhi strategi dalam berinvestasi. Akan tetapi, ini baru ditemukan pada generasi boomees. Kontan/Panji Indra

MOMSMONEY.ID - Strategi investasi lebih dibedakan karena tujuan keuangan yang berbeda, jangka waktu yang berbeda, dan kemampuan finansial yang berbeda. Akan tetapi, ada pula perbedaan investasi yang dibedakan karena gender. 

Ahmad Gozali, Perencana Keuangan Safir Senduk dan rekan mengatakan bahwa yang memiliki perbedaan secara gender dalam berinvestasi justru di generasi boomers.  Biasanya perempuan lebih suka dengan risiko yang lebih rendah sedangkan laki-laki lebih suka dengan risiko yang lebih tinggi atau agresif.

Sejalan dengan itu pula perempuan lebih suka investasi yang berwujud seperti tanah rumah atau emas. Sedangkan laki-laki lebih berani berinvestasi pada yang tidak berwujud seperti saham atau reksadana.

Baca Juga: Karakter Investasi Pria dan Wanita Ternyata Tidak Sama, Ini Perbedaannya!

Mengenai jangka waktunya Ahmad mendapati lebih banyak perempuan yang yang berinvestasi untuk jangka panjang dibandingkan dengan laki-laki. Dalam kasus suami istri biasanya yang lebih peduli terhadap penyiapan dana pendidikan anak itu justru seorang Istri dibandingkan dengan suaminya. 

"Hal ini mungkin berbeda untuk yang belum menikah," ujar Ahmad pada Momsmoney.id

Dari pengamatan Ahmad, jika suami istri sama-sama bekerja lebih banyak istri yang bisa berinvestasi dibandingkan dengan suaminya. Menurutnya, hal ini lantaran perempuan di Indonesia lebih dianggap sebagai manajer keuangan dalam keluarga. 

Kemungkinan lain karena seorang suami menghidupi seluruh keluarganya. Sementara istri yang bekerja bisa jadi penghasilannya hanya untuk dirinya sendiri dan investasi jangka panjang.

Namun, Ahmad mengatakan bahwa dirinya belum menemukan studi yang sama terhadap milenial, apakah sama atau tidak. 

"Untuk untuk milenial sepertinya tidak terlalu ada perbedaan di mana perempuan juga bisa berinvestasi pada produk yang tidak berwujud. Ini karena literasi digital yang lebih maju dibandingkan dengan generasi boomers,"katanya. 

Nah, kalau Moms sendiri bagaimana strategi investasinya?

Selanjutnya: Harga Emas Pegadaian Mulai Berbalik Menguat, Jumat (30/7)

 

Editor: Francisca bertha
Terbaru