Santai

Stop Lakukan! 6 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Tubuh Jadi Makin Gendut!

Stop Lakukan! 6 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Tubuh Jadi Makin Gendut!

MOMSMONEY.ID - Masalah kegendutan dan naiknya berat badan seseorang ternyata tak hanya dipengaruhi dari makanan yang dikonsumsi saja.

Ada pula beberapa kebiasaan buruk yang berkontribusi menambah berat badan dan membuat gemuk seseorang.

Cari tahu yuk beberapa kebiasaan buruk yang bisa membuat tubuh menjadi makin gemuk berikut ini.

Baca Juga: Susah Move On dari Mantan? Ikuti 6 Tips Ini untuk Memudahkan Anda Move On

Kurang minum

Tubuh manusia terdiri dari 60% kandungan air. Tentu saja jika kekurangan konsumsi air akan membuat tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Kurang air biasanya akan membuat seseorang merasa haus. Namun terkadang rasa haus tersebut disalah artikan oleh tubuh sebagai rasa lapar. Akibatnya, makan menjadi hal yang ingin dilakukan dibanding mengkonsumsi air.

Duduk terlalu lama

Duduk dalam jangka waktu yang panjang ternyata juga masuk dalam kategori kebiasaan buruk yang membuat tubuh menjadi gemuk. Laman Heatlh Line menjelaskan bahwa rang-orang yang memiliki kebiasaan duduk dalam jangka waktu lama sekitar lebih dari 10 jam perhari, memiliki risiko menderita overweight, terserang penyakit kronis, dan kematian dini. Tidak adanya kegiatan aktif seperti olahraga adalah alasan utama yang membuat kebiasaan ini berisiko menimbulkan kegendutan.

Kurang istirahat

Istirahat tak hanya didapatkan dengan tidur saja, melakukan aktivitas healing atau jalan-jalan juga bisa menjadi salah satu alternatifnya. Kurangnya aktivitas healing yang ditujukan untuk beristirahat juga bisa menyebabkan seseorang menjadi gemuk. Hal tersebut disebabkan karena meningkatnya hormon stress yang membuat orang-orang kemudian melampiaskan dengan mengkonsumsi makanan favoritnya untuk melepas stress.

Baca Juga: Merasa Hormon Tidak Seimbang? Coba 5 Tips Ini Untuk Seimbangkan Hormon Yuk!

Sering begadang

Begadang tak hanya membuat tubuh menjadi tidak sehat namun juga memiliki risiko meningkatkan berat badan. Melansir dari laman Eat This, kebiasaan begadang akan membuat hormon lapar, ghrelin, meningkat. Selain itu, kebiasaan begadang juga bisa membuat otak merespon lebih kuat untuk mengkonsumsi junk food dan tidak memiliki kontrol atas porsi makanan yang dikonsumsi.

Menggunakan terlalu banyak dressing

Salad merupakan makanan sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari. Namun makanan sehat tersebut akan menjadi tidak sehat dan memicu kegendutan jika diimbangi dengan penggunaan dressing yang terlalu banyak. Dressing salad memiliki kandungan kalori tinggi yang bisa mengganggu asupan kalori harian. Maka dari itu cobalah untuk mengurangi porsi dressing salad dan menggantinya dengan dressing rendah kalori.

Melewatkan jam makan

Memiliki jam makan yang tepat dan rutin tentunya perlu untuk dijadikan kebiasaan baik. Sedangkan kebiasaan untuk melewatkan jam makan merupakan kebiasaan buruk yang harus dijauhi. Melewatkan jam makan bisa memicu kegendutan lantaran tubuh akan menjadi lebih lapar dan membuat porsi makan menjadi berlipat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News