Stop! Jangan Cukur Habis Rambut Kemaluan Anda, Berikut Ini Fungsinya

Reporter: Christ Penthatesia
Sabtu, 16 Oktober 2021 | 21:15 WIB
Stop! Jangan Cukur Habis Rambut Kemaluan Anda, Berikut Ini Fungsinya

MOMSMONEY.ID - Munculnya rambut kemaluan bukanlah tanpa alasan. Rambut yang tumbuh di area vital tersebut memiliki manfaat dan fungsi vital bagi area kemaluan.

Namun sayang beberapa orang merasa tak nyaman dengan memiliki rambut kemaluan. Bahkan upaya untuk menghilangkannya pun kerap ditempuh. Walau sesungguhnya rambut kemaluan merupakan hal umum yang dimiliki manusia.

Berikut ini adalah fungsi dari rambut kemaluan yang harus Anda ketahui.

Baca Juga: Ingin Beralih Ke Menstrual Cup? Kenali Dulu Plus Minusnya Berikut Ini

Mengurangi gesekan

Fungsi utama dari rambut kemaluan adalah membantu untuk mengurangi gesekan yang terjadi di kulit. Terutama saat melakukan kegiatan intim dengan pasangan.

Selain itu gesekan juga mudah terjadi pada kegiatan sehari-hari yang bisa saja melukai kemaluan. Rambut kemaluan juga memiliki fungsi untuk menjaga area genital tetap hangat.

Proteksi dari bakteri dan pathogen lain

Rambut kemaluan memiliki fungsi yang sama dengan bulu mata dan bulu hidung. Fungsi utamanya yaitu untuk menyaring dan menangkap kotoran, bakteri, dan mikroorganisme untuk tidak masuk ke area genital.

Selain itu, folikel rambut bisa menghasilkan sebum yaitu minyak yang mencegah bakteri untuk berreproduksi. Penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri juga dapat dihindari karena adanya rambut kemaluan.

Baca Juga: Cuma Mitos! Aktivitas Seks Ternyata Tidak Membuat Vagina Kendur

Meningkatkan hasrat seksual

Siapa yang menyangka bahwa rambut kemaluan memiliki fungsi untuk meningkatkan hasrat seksual. Rambut kemaluan memiliki hubungan dengan feromon yang mampu mempengaruhi mood seseorang.

Rambut kemaluan bisa menyaring feromon yang terkandung dalam keringat untuk membantu meningkatkan hasrat seksual seseorang.

Tanda pubertas

Fungsi lain dari rambut kemaluan adalah sebagai penanda pubertas seseorang. Rambut kemaluan akan mulai muncul ketika seseorang sudah mengalami masa pubertas.

Dengan begitu seseorang akan dianggap sudah dewasa secara seksual karena munculnya rambut kemaluan sebagai tanda pubertas.

Selanjutnya: Tanda-Tanda Disfungsi Seksual yang Kerap Terjadi Pada Perempuan

Editor: Christ Penthatesia
Terbaru