April
16
2024
     16:13

Starbucks Rayakan Earth Month dengan Berfokus pada Upaya Keberlanjutan Bersama-sama

Starbucks Rayakan Earth Month dengan Berfokus pada Upaya Keberlanjutan Bersama-sama
ILUSTRASI. Starbucks rayakan Earth Month tahun ini dengan tema ?A Team Effort? dengan menyediakan beberapa merchandise terbaru.

Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID -  Bulan April selalu diperingati sebagai Bulan Bumi atau Earth Month. Pada peringatan Bulan Bumi tahun ini, Starbucks mengajak para pelanggannya untuk bertransisi dari fokus pada individu dalam menggunakan barang-barang daur ulang, atau barang-barang yang dapat digunakan kembali, menjadi perayaan atas hal-hal kecil yang kita lakukan bersama – dan kita melakukannya dengan semangat tim.

Rayakan Bulan Bumi lewat Pengupayaan Bersama

“Fokus utama Starbucks untuk Earth Month tahun ini adalah ‘A Team Effort’ atau ‘Pengupayaan Bersama’ – sesuai dengan janji (promise)[2] Starbucks kepada partners[3], pelanggan dan lingkungan hidup tempat di mana kita tinggal. Kami ingin mengajak Anda semua untuk mengubah tujuan besar menjadi kemungkinan nyata dengan bersatu sebagai sebuah tim dan berfokus pada pekerjaan yang kita lakukan.

Tak peduli seberapa kecilnya langkah yang telah kita lakukan untuk mencintai bumi, tapi jika hal tersebut digabungkan, pasti akan membuat perubahan yang besar,” ungkap Liryawati, chief marketing officer, PT Sari Coffee Indonesia – pemegang lisensi resmi merek Starbucks di Indonesia.

Starbucks terus mengambil langkah-langkah sadar untuk menciptakan pengalaman yang lebih ramah lingkungan bagi pelanggan dan partners antara lain program yang dapat digunakan kembali, sumber daya yang etis, pengurangan limbah, pilihan untuk menikmati bahan-bahan berbahan dasar nabati atau plant-based.

Untuk itu, di bulan ini, Starbucks ingin memperkenalkan beberapa merchandise penuh gaya dari bahan upcycle[4], menawarkan pilihan yang lebih banyak lewat makanan dan minuman berbahan dasar nabati atau plant-based, juga beberapa program yang mengajak pelanggan untuk memberikan kembali kepada bumi.

Rangkaian merchandise baru di Bulan Bumi tahun ini yang merupakan produk upcycle menampilkan circular cup berbahan dasar kopi dan upcycle plastic, juga tote bag dan tas laptop yang mendaurulang sampah plastik.

Sebagai bonus, pelanggan akan mendapatkan stiker Earth Month secara gratis setiap pembelian circular cup. Untuk tote bag dan tas laptop terbuat dari material canvas twill dan upcycle plastic pun tak kalah stylish. Dan spesial bagi member Starbucks Rewards, pelanggan bisa mendapatkan tas laptop eksklusif hanya dengan melakukan pembelanjaan akumulasi hingga 1 juta menggunakan aplikasi Starbucks Indonesia selama periode 1-30 April 2024. Syarat dan ketentuan berlaku.

Inisiatif hijau ini sebenarnya bukan hal baru bagi Starbucks di Indonesia. Untuk berkontribusi lebih banyak terhadap bumi, Starbucks telah memiliki komitmen panjang untuk berinvestasi pada komunitas yang dilayaninya di seluruh dunia, salah satunya lewat program Starbucks Greener Nusantara yang sudah diinisiasi sejak tahun 2018.

Penggunaan sedotan plastik sekali pakai diganti dengan sedotan berbahan dasar kertas yang aman digunakan, mengganti semua gelas plastik dengan gelas daur ulang berbahan 100% recycled poly-ethylene terephthalate (rPET), terus menggalakkan program Bring Your Own Tumbler (BYOT)[5] setiap hari Kamis dan tanggal 22 setiap bulannya, menawarkan pelanggan untuk menggunakan for-here mug atau gelas jika ingin menikmati minuman di dalam gerai, dan pelanggan juga bisa memperoleh ampas kopi secara cuma-cuma di seluruh gerai Starbucks – di mana ampas kopi ini sangat berguna untuk dijadikan pupuk tanaman.

Starbucks juga baru saja meresmikan Greener Store pertamanya di Indonesia di Starbucks Adhyaksa di awal tahun 2024 ini – menunjukkan komitmen Starbucks untuk membuat pilihan-pilihan yang positif terhadap lingkungan yang membantu kita mencapai tujuan untuk memberikan lebih banyak manfaat dari yang kita terima.

Ajak Pelanggan Menyumbangkan Bibit Kopi dan Menikmati Perjalanan Kopi di Bali

Untuk lebih menyemarakkan Bulan Bumi, Starbucks juga menyelenggarakan kampanye #ATeamEffort dengan mengajak pelanggan untuk menyumbangkan bibit pohon kopi kepada para petani kopi di beberapa area di Indonesia dari setiap pembelanjaan yang mereka lakukan selama periode 15 April hingga 12 Mei 2024. Caranya mudah, setiap melakukan transaksi pembelian 5 produk Earth Month menggunakan aplikasi Starbucks Rewards, pelanggan telah menyumbangkan 1 bibit pohon kopi. Semua transaksi ini dapat dipantau pada aplikasi.

Di akhir periode, 5 pelanggan yang berhasil mengumpulkan coffee seeds terbanyak di aplikasi berhak mengikuti Coffee Trip bersama Starbucks ke Bali selama 3 hari 2 malam – termasuk mengikuti seremonial penyerahan donasi bibit pohon kopi kepada petani kopi di Bali dan tur ke Starbucks Reserve Dewata termasuk Coffee Experience Center, dan juga Starbucks Kintamani.

“Kami percaya bahwa tanggung jawab kami adalah membangun masa depan yang lebih berkelanjutan, adil, dan berketahanan bagi kopi, komunitas, dan planet kita. Kami berupaya menciptakan masa depan yang kami impikan melalui kacamata kemanusiaan, dengan komitmen mendalam terhadap hak asasi manusia global, sumber daya yang bertanggung jawab dan beretika, kepemimpinan komunitas dari partners kami, dan fokus untuk memberikan lebih dari yang kami ambil dari planet ini,” tutup Lirya.

Baca Juga: 15 Gerai Starbucks Tercantik di Indonesia untuk Dikunjungi Selama Liburan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved