Santai

Sosok Pangeran William, Prince of Wales yang Sederhana

Sosok Pangeran William, Prince of Wales yang Sederhana

MOMSMONEY.ID - Pangeran William kini memiliki gelar baru sebagai Prince of Wales menggantikan ayahnya yang kini jadi Raja Charles III. Nah sebagai calon pemegang gelar, putra mahkota ini harus menjalani pendidikan di wilayah yang akan menjadi gelar mereka. Raja Charles III pernah berada di Wales sebelum penobatannya menjadi Pangeran Wales. Raja Charles III belajar di Universitas Aberystwyth, belajar bahasa Welsh. 

Baca Juga: Yuk Intip Rumah Mewah Pangeran Harry dan Meghan Markle

Sayangnya upacara penobatan Raja Charles III pada saat memegang gelar Prince of Wales tidak diterima dengan baik oleh penduduk Wales. Lantaran mereka merasa tidak ada lagi tempat bagi pangeran Inggris yang pantas mendapatkan gelar itu selain seorang Wales terakhir yaitu Llywelyn ap Gruffudd pada tahun 1282. Hal ini disebabkan pangeran Inggris tak banyak memperhatikan wilayah tersebut. Namun berbeda dengan hal yang dialami oleh Pangeran William.

Pada tahun 2010 Pangeran William ikut pelatihan helikopter untuk menjadi anggota tim pencarian dan penyelamatan pilot RAF. Sebagai peserta pelatiham William diberikan dua pilihan yakni Lossiemouth di utara Skotlandia atau di Valley on Anglesey. William kemudian memilih Anglesey. 

Baru sekitar satu bulan bekerja di Anglesey, Prince William mengumumkan pertunangannya dengan Princess Kate Middleton. Perempuan yang dipacarinya selama 9 tahun. Keduanya juga mengumumkan bahwa setelah menikah mereka akan tetap tinggal di pulau Welsh. 

Pada saat itu William meminta pertunangan resmi diadakan di pulau tersebut. Keduanya kemudian memberikan sekoci baru di stasiun RNLI di Teluk Trearddur pada 2011. Dalam kunjungan tersebut Prince William berbicara banyak soal penyelamatan di laut, dan memberikan citra yang melekat padanya selama tiga tahun tinggal di pulau tersebut. 

Ahli Sejarah Prof Merfyn Jones menjelaskan pada saat itu William memiliki kehidupan yang terhitung membaur dengan penduduk lokal. Penduduk bahkan bisa dengan mudah menemuinya berada di sebuah toko. Merfyn juga berpendapat bahwa ini adalah cara yang dilakukan William untuk mengenal wilayah Wales, dan agar penduduk Wales mengenalnya tetapi dengan cara yang sederhana dan santai. 

Dan nampaknya cara ini cukup berhasil. William menjadi sangat populer bagi penduduk lokal Anglesey dan penduduk Inggris secara umum. Anggota Dewan Anglesey Gwilym O Jones juga memberikan pendapat yang serupa. Bahkan staf di RAF Valley pun menyebut William sebagai orang biasa, jelasnya. Menurut Gwilym, William hidup dengan cara yang sangat sederhana dan santai. Dia bisa terlihat di manapun, di pagi hari saat akan bekerja dan di toko untuk membeli koran. William dan Kate Middleton jauh dari sorotan media dan bebas melakukan apapun yang mereka mau di Anglesey. 

Baca Juga: Begini Sosok Queen Elizabeth II di Mata Prince William

Ketua Cubs di Menai Bridge Scout Sue Hesketh mengatakan di Anglesey penduduk tidak begitu tertarik pada kerajaan. Hal ini yang mendukung William dan Kate hidup dengan bebas dan santai di Anglesey. Sue Hesketh mengenal Kate saat Princess od Wales bekerja sosial di organisasi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News