HOME, Santai

SnackVideo Peringati Sumpah Pemuda dengan Berkarya

SnackVideo Peringati Sumpah Pemuda dengan Berkarya

MOMSMONEY.ID - Sumpah Pemuda merupakan tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda di era serba digital dengan perkembangan teknologi, generasi muda dituntut bisa terus menghasilkan karya inspiratif sebagai andil dalam mengingat dan melestarikan sejarah bangsa.

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, generasi muda perlu tahu mengenai sejarah singkat dan makna di balik ikrar yang dicetuskan pada 28 Oktober 1928 tentang bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu: Indonesia. 

Ayu Maulida, Puteri Indonesia 2020 & Miss Universe Indonesia 2020 serta Asep Kambali, Sejarawan dan Pendiri Komunitas Historia Indonesia melalui sesi live stream di aplikasi SnackVideo membagikan kisah dalam melestarikan sejarah dan makna dari Hari Sumpah Pemuda.

Mereka juga memberikan contoh kontribusi apa saja yang dapat dilakukan oleh generasi muda dalam melestarikan budaya dan bahasa Indonesia.

Baca Juga: Ikuti Aturan, Tes PCR di Seluruh Cabang Prodia Hanya Rp 300.000

“Salah satu cara yang aku lakukan untuk meneruskan semangat Sumpah Pemuda adalah dengan berkontribusi melalui program Senyum Desa. Melalui Senyum Desa, aku ingin menciptakan wadah bagi anak muda untuk bekerja sama dalam meningkatkan kesetaraan pendidikan, kesehatan lingkungan, komunitas dan kemanusiaan," ujar Ayu Maulida.

Menurut Ayu generasi muda punya banyak cara unik punya banyak cara untuk menyemarakkan semangat sumpah pemuda. "Mulai dari hal yang sederhana, jangkau orang-orang terdekat di sekitar kamu untuk semangat dalam berkarya," tambahnya.

Disisi lain, Asep Kambali, sejarawan sekaligus pendiri Komunitas Historia Indonesia menuturkan karya-karya para pemuda adalah wujud rasa bangga, semangat juang dan berkontribusi bagi bangsa dan negaranya.

Baca Juga: Ini Penjelasan Satgas Soal Varian Delta AY.4.2

Baginya, peristiwa Sumpah Pemuda 1928 dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para pemuda untuk terus berjuang dengan karya dan berkontribusi bagi pembangunan dan kemajuan di masa depan. Di era digital saat ini, katanya pemuda harus dapat memanfaatkan teknologi digital untuk kemajuan budaya Indonesia.

"Keanekaragaman budaya yang kita miliki, seperti lebih dari 1.330 etnis, 750-an bahasa daerah, 6 agama, 187 penghayat kepercayaan, ribuan kuliner enak, bangunan tradisional, pakaian adat, museum, dll., yang semua itu dapat kita jadikan berbagai konten edukatif dan menghibur di platform video pendek, seperti SnackVideo ini.” ucap Asep Kambali.

Asep Kambali pun juga mengingatkan generasi muda untuk bijak dalam berkarya. Pasalnya jejak digital kamu adalah sejarah masa depan. Jika jejak digital negatif dan buruk, maka masa depan kamu tentu akan buruk.

“Namun, harus diingat, jangan yang penting posting, tapi posting lah yang penting-penting! Yuk kita ciptakan sejarah dan budaya baru untuk masa depan dengan membuat dan menyebarkan konten-konten keren dan positif di media digital kita.” tambah Asep.

Baca Juga: Tayang Hari Ini, Berikut Sinopsis Film Last Night in Soho

Sebelumnya, Snackvideo menggelar Program #KaryaAnakMuda sejak 19 Oktober 2021 lalu. Hingga puncak program tersebut, lebih dari 200.000 konten #KaryaAnakMuda telah dibagikan di SnackVideo dan ditonton hingga lebih dari enam juta kali. Angka tersebut menunjukkan antusiasme yang besar dari generasi muda dalam membagikan konten kreatif dan edukatif untuk melestarikan sejarah Indonesia.

Melalui #KaryaAnakMuda, generasi muda Indonesia dapat menunjukkan rasa cinta mereka terhadap Tanah Air dengan membagikan konten inspiratif seputar bahasa lokal, produk lokal, peribahasa, hingga tokoh panutan mereka dengan beberapa tagar, antara lain: #BahasaLokal, #BanggaLokal, #PemudaPintar, #Panutanku, dan juga #JogetPemuda. 

Ahmad Mahendra, Direktur Perfilman, Musik, dan Media Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemdikbudristek menyampaikan dukungannya untuk #KaryaAnakMuda,

Baca Juga: Promo Natasha Weekend Deals Minggu Ini, llNikmati Laser Feel Treatment Diskon 20%

“Kami berharap kerja sama ini dapat mendorong generasi muda untuk menyebarkan pesan positif dan meneruskan arti dari semangat Sumpah Pemuda. Kami mengapresiasi inisiatif SnackVideo yang telah menumbuhkan rasa cinta tanah air dengan membagikan konten inspiratif seputar bahasa lokal, produk lokal, peribahasa, hingga tokoh budaya," tandasnya.

Head of Business Operations SnackVideo, Yugo Prabowo menambahkan, SnackVideo ingin terus menjadi wadah bagi generasi muda untuk menumbuhkan kreativitas mereka dan rasa cinta terhadap budaya dan bahasa Indonesia.

"Bukan hanya sekadar sebagai platform berbagi video pendek yang menghibur, SnackVideo juga ingin menjadi wadah bagi para pengguna kami untuk menyebarkan pesan-pesan positif dan meneruskan arti dari semangat Sumpah Pemuda," tukas Yugo.

Selanjutnya: Jelang Akhir Pekan, IHSG Dibuka Perkasa pada Perdagangan Jumat 29 Oktober 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News