April
25
2024
     18:50

SMF Gandeng BRI Danareksa Sekuritas Hadirkan Produk EBA Ritel di Aplikasi BRIGHTS

SMF Gandeng BRI Danareksa Sekuritas Hadirkan Produk EBA Ritel di Aplikasi BRIGHTS
ILUSTRASI. Acara Peluncuran Produk EBA Ritel di Aplikasi BRIGHTS by BRI Danareksa Sekuritas yang berlokasi di Main Hall Gedung BEI, Jakarta.

Reporter: Sri Sayekti | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF melakukan kerja sama dengan BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) dengan menghadirkan layanan transaksi produk Efek Beragun Aset berbentuk Surat Partisipasi (EBA-SP) Ritel melalui aplikasi online trading BRIGHTS milik BRIDS.

Kerja sama tersebut diresmikan oleh SMF dan BRIDSdi Main Hall Bursa Efek Indonesia (BEI). Seremonial peluncuran dilaksanakan oleh Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo, dan Direktur UtamaBRIDS, Laksono Widodo, serta turut dihadiri oleh Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI, Kristian Manullang, Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik, Direktur Pengembangan Infrastruktur & Manajemen Informasi PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Dharma Setyadi, Direktur PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (ID Clear) Antonius Herman Azwar, Direktur Utama IDXSTI Syafruddin, Direktur Sekuritisasi dan Pembiayaan SMF Heliantopo, Direktur Keuangan dan Operasional SMF Bonai Subiakto dan Direktur Ritel & IT BRIDS Fifi Virgantria.

Dalam kesempatan tesebut, Ananta mengatakan bahwa Program Pengembangan Pasar EBA- SP Ritel dilaksanakan  bertujuan mengembangkan jumlah investor EBA-SP dengan target investor perorangan,  memanfaatkan posisi EBA-SP yang sudah ada. Dalam hal ini, SMF akan berperan sebagai market maker guna menciptakan pasar sekunder EBA- SP menjadi lebih likuid.

“Sebelumnya EBA-SP banyak dimiliki oleh investor institusi seperti Dana Pensiun (Dapen), Asuransi, dan lainnya. Kerja sama perdana ini merupakan upaya kami dalam memperluas dan mengembangkan investor base, yaitu para investor potensial seperti generasi milenial dan masyarakat lainnya yang ingin berinvestasi. EBA-SP Ritel akan menjadi diversifikasi bagi masyarakat dalam berinvestasi di pasar modal,” ungkap Ananta.

Lebih lanjut Ananta menjelaskan bahwa untuk melaksanakan hal tersebut SMF bekerja sama denganBRIDS, yang telah memiliki portal dan aplikasi online tradingyang melayani investasi dan transaksi saham, reksa dana dan efek lainnya.

“Kami bekerja sama dengan BRIDS, karena kami yakin BRIDS merupakan perusahaan sekuritas yang mempunyai jaringan pemasaran yang cukup luas. Kami berharap EBA-SP Ritel dapat diminati oleh para investor perorangan, sehingga ke depan kami bisa menjadikan EBA-SP Ritel sebagai pilihan alternatif investasi yang menarik dan aman,” kata Ananta.

Ananta berharap dengan kerja sama ini akan menambah jangkauan investor yang ingin mencari diversifikasi instrumen investasi pasar modal sehingga investor memiliki lebih banyak pilihan untuk berinvestasi dengan return yang kompetitif, tidak hanya berinvestasi dalam efek yang telah ada saat ini, seperti saham, obligasi atau reksadana.

Direktur Utama BRIDS Laksono Widodo pada kesempatan yang sama juga mengungkapkan bahwa kerja sama dengan SMF ini sejalan dengan misi Perseroan untuk terus memberikan nilai tambah bagi investor ritel untuk mencapai hasil terbaik dalam kegiatan investasi mereka, serta sebagai upaya memberikan kemudahan akses dan layanan pasar modal bagi Masyarakat luas untuk mendukung perkembangan pasar modal Indonesia.

“Dengan hadirnya produk EBA Ritel oleh SMF ini di aplikasi online trading BRIGHTS kami, tentunya akan semakin memperkaya pilihan produk investasi yang dapat diinvestasikan oleh nasabah kami, selain instrumen yang telah tersedia seperti saham, obligasi dan reksa dana saat ini, cukup hanya dari satu aplikasi saja,” pungkas Laksono.

EBA-SP Ritel merupakan produk investasi pendapatan tetap (fixed income) yang aman dengan rating idAAA dari PEFINDO dan memiliki likuiditas instrumen investasi yang tinggi. Sehingga nasabah dapat melakukan transaksi pembelian dan penjualan kapan saja tanpa harus menunggu hingga jatuh tempo.

Produk EBA SP Ritel SMF yang akan dipasarkan oleh BRI Danareksa Sekuritas adalah EBA SP BTN06A yang diterbitkan pada tahun 2020 (kupon 6,5% / tahun), EBA SP BTN08A yang diterbitkan pada tahun 2023 (kupon 6,65% / tahun), dan EBAS SP BRIS01A yang diterbitkan pada tahun 2023 (kupon 7% / tahun) dengan rating idAAA dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo)  dengan denominasi hanya Rp100.000,-.

Acara seremonial Peluncuran EBA Ritel di Aplikasi BRIGHTS ini diakhiri dengan kegiatan Investalk Vol. 6.  Kegiatan ini merupakan program sosialisasi yang dilakukan secara rutin oleh SMF baik secara online dan offline yang bekerjasama dengan berbagai Key Opinion Leader (KOL) dan akun publik lainnya dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk EBA Ritel. Bertema Financial Planning 101: Strategies To Be Mindful Spender and Investor, dihadiri oleh Theo Derick sebagai narasumber, seorang Realistic Financial Planner dan Enterpreneur.

Baca Juga: BRI Danareksa Sekuritas Berbagi Ratusan Paket Sembako di 8 Kota di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Release Terkini


2024 © Kontan.co.id A subsidiary of KG Media. All Rights Reserved