Keluarga

Skincare Tidak Ngefek? Ini 4 Penyebab Skincare Tidak Ada Hasil yang Harus Anda Tahu

Skincare Tidak Ngefek? Ini 4 Penyebab Skincare Tidak Ada Hasil yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Kali ini MomsMoney akan membagikan informasi tentang 4 penyebab skincare tidak ada hasil. Yuk, simak sampai akhir!

Tidak sedikit orang mengeluhkan penggunaan skincare yang tak kunjung terlihat hasilnya. Apakah Anda sedang mengalaminya, Moms?

Ternyata, ada banyak hal yang menyebabkan suatu produk skincare tidak memberikan hasil yang signifikan. Dan, salah satunya adalah tempat penyimpanan skincare yang kurang tepat.

Lebih lanjut, berikut 4 penyebab skincare tidak ada hasil sebagaimana dilansir dari Healthline yang dapat Anda jadikan sebagai bahan evaluasi.

Baca Juga: 5 Jenis Kerutan Wajah yang Paling Populer Beserta Penyebabnya, Cari Tahu Yuk!

1. Skincare sudah kedaluwarsa

Penyebab skincare tidak ada hasil yang pertama yaitu skincare sudah kedaluwarsa. Menyimpan produk skincare terlalu lama dapat membuatnya kurang efektif. Sehingga, kecil kemungkinannya untuk memberikan hasil yang Anda inginkan.

Oleh sebab itu, jangan biarkan koleksi skincare Anda menumpuk dan tidak terpakai sampai 6-12 bulan atau sampai melewati masa kedaluwarsanya. Sebaiknya, gunakan skincare secara konsisten sesuai aturan pemakaian jika menginginkan hasil yang maksimal.

Apabila skincare tersebut tidak cocok untuk kulit Anda, Anda bisa melakukan preloved atau memberikannya ke orang-orang terdekat Anda.

2. Skincare disimpan di bawah sinar matahari atau area lembab

Penyebab skincare tidak ada hasil yang kedua yaitu skincare disimpan di bawah sinar matahari atau area lembab.

Menyimpan produk skincare di ruangan bersuhu tinggi dapat mengubah efektvitas dari beberapa bahan yang terkandung di dalam produk tersebut lho. Lingkungan yang panas atau lembab bisa memengaruhi stabilitas dan kemanjuran produk skincare secara signifikan. Akibatnya, produk pun akan bereaksi, terlihat, terasa, dan bahkan bekerja secara tidak semestinya.

Misal, sunscreen yang disimpan terlalu lama di dalam mobil mungkin tidak lagi efektif untuk melawan radiasi ultraviolet. Sebaliknya, sunscreen tersebut justru dapat menyebabkan iritasi kulit.

Baca Juga: 4 Skincare yang Tidak Boleh Digunakan pada Siang Hari, Apa Saja?

3. Skincare tidak mengandung bahan aktif yang cukup

Penyebab skincare tidak ada hasil yang ketiga yaitu skincare tidak mengandung bahan aktif yang cukup.

Walaupun produk skincare yang Anda miliki mengandung bahan aktif, bisa jadi konsentrasinya sangat rendah. Sehingga, produk tersebut tidak memberikan efek yang signifikan pada kulit Anda.

Untuk memantau seberapa tinggi konsentrasi dari bahan aktif skincare yang Anda dambakan, coba cermati daftar komposisinya. Apabila bahan aktif skincare yang Anda maksud tidak termasuk dalam lima daftar teratas, sudah bisa dipastikan bahwa konsentrasinya tidak cukup tinggi untuk memberikan hasil yang Anda inginkan.

4. Skincare memiliki kualitas yang rendah

Penyebab skincare tidak ada hasil yang keempat yaitu skincare memiliki kualitas yang rendah. Bahan berkualitas rendah dapat menyebabkan produk skincare tidak berfungsi dengan maksimal.

Meskipun tidak bisa disamaratakan, namun kebanyakan produk skincare berkualitas rendah tercermin dari harganya.

Selain dilihat dari bahan-bahannya, ciri-ciri produk skincare berkualitas rendah juga bisa dilihat dari formulasinya yang buruk, molekulnya yang tidak stabil, dan kemasannya yang tidak sesuai standar. Misal, dalam hal kemasan, skincare berkualitas rendah mungkin dibungkus dalam jar yang tidak tertutup dengan rapat. Faktanya, kemasan yang memiliki celah dapat mengundang banyak oksigen masuk ke dalam produk dan menyebabkan destabilisasi bahan aktif.

Demikian 4 penyebab skincare tidak ada hasil. Bagaimana, Moms? Sudah tidak bingung lagi kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News