HOME, AturUang

Sisihkan Alokasi untuk Dana Sosial 5%-10% dari Pendapatan Anda

Sisihkan Alokasi untuk Dana Sosial 5%-10% dari Pendapatan Anda

MOMSMONEY.ID -Memberikan hantaran untuk rekan yang terkena Covid 19 atau memberi sumbangan dan duka pada sahabat yang keluarganya meninggal, sudah seharusnya dilakukan oleh kita. Namun, Anda juga wajib tahu cara mengelola keuangan untuk kegiatan sosial tersebut. 

Budi Raharjo, perencana keuangan Oneshildt mengatakan, dalam perencanaan keuangan kita, ada baiknya memang ada anggaran dana sosial yang ditujukan untuk keperluan sumbangan, hadiah, donasi, sedekah atau bantuan finansial lainnya.

Baca Juga: Prioritaskan Investasi Ketimbang Memenuhi Gaya Hidup

Dana sosial ini dapat menumbuhkan dan mengasah jiwa kepedulian kita terhadap situasi orang lain yang sedang berada dalam musibah serta sebagai ungkapan rasa syukur atas rejeki, keleluasaan dan keberuntungan yang diberikan kepada diri kita dan keluarga. 

"Bahkan banyak penelitian yang menunjukkan manfaat donasi ini baik untuk kesehatan dan juga kebahagiaan seseorang," kata Budi. 

Tidak ada paksaan memang dalam mengalokasikan dana sosial ini. Seseorang dapat saja menyisihkan sekitar 10% atau lebih dari penghasilannya untuk alokasi dana sosial. 

"Namun yang harus diingat adalah donasi ini sebaiknya juga tidak mengakibatkan situasi keuangan seseorang berantakan," ujar Budi. 

 Untuk itu sebaiknya dilakukan dengan cara memberikan anggaran dan prioritas tertentu. Misalnya setiap bulan memang anggaran untuk donasi sekitar 5%-10% dari penghasilan. 

Selanjutnya: Harga Emas di Pegadaian Terkoreksi Awal Pekan Ini, Senin (13/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News