HOME, Keluarga

Simpel Tapi Menawan, Ini Dia Inspirasi Rumah Minimalis Tema Monokrom

Simpel Tapi Menawan, Ini Dia Inspirasi Rumah Minimalis Tema Monokrom

MOMSMONEY.ID - Warna monokrom adalah salah satu kelompok warna yang banyak digunakan dalam interior rumah minimalis.

Namun, tahukah Anda apa itu warna monokrom? Dikutip dari Oxford Dictionary, istilah monokrom pada dunia fotografi merujuk pada penggunaan warna hitam, abu-abu, dan putih dalam suatu gambar. Istilah ini juga dapat diartikan sebagai penggunaan satu warna dengan tone yang berbeda-beda.

Jadi, dalam mendekorasi rumah minimalis dengan warna monokrom, Anda hanya perlu menggunakan warna hitam, putih, dan abu-abu. Mungkin terdengar membosankan, tapi dengan sedikit kreativitas, warna ini bisa menghadirkan kesan yang minimalis di rumah Anda.

Yuk, simak artikel ini untuk melihat berbagai inspirasi dan ide mendekorasi rumah minimalis dengan warna monokrom!

Baca Juga: Catat, Ini Cara Menggunakan Warna Putih di Rumah ala Feng Shui

Permainan warna abu-abu

Karena pilihan warna pada palet warna monokrom terbatas, maka Anda dapat menyiasatinya dengan menggunakan permainan warna. Anda dapat memakai satu-dua warna pada satu ruangan, tapi gunakan perpaduan tone gelap dan terang dari warna yang sama.

Contohnya seperti gambar di atas. Walaupun dominan abu-abu, pemiliknya tetap menggunakan gabungan antara warna abu-abu gelap dan abu-abu terang sehingga ruangan tidak terasa monoton dan membosankan.

Kesan industrial dari metal

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rebecca (@rebeccafaith_home)

Karena penggunaan warna hitam, abu-abu, dan putih identik dengan kesan industrial, mengapa tidak memaksimalkan kesan industrial tersebut di rumah minimalis dengan menggunakan material seperti metal?

Anda dapat menggunakan material seperti metal dan baja pada meja dan kursi untuk menghadirkan kesan industrial di rumah Anda. Namun, Anda juga bisa menambahkan sentuhan kesan elegan melalui penggunaan granit atau marmer, seperti gambar di atas yang menggunakan meja marmer dengan kaki-kaki yang terbuat dari metal.

Baca Juga: Keren dan Stylish, Intip Trik Mendekorasi Rumah dengan Motif Geometris

Penambahan aksesoris dan aksen

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ideal (@idealtextiles)

Untuk menambahkan daya tarik di rumah minimalis yang monokrom, Anda dapat memanfaatkan penggunaan aksen dan aksesoris di dalam ruangan, seperti lampu, lilin, atau bunga kering sebagai pajangan.

Anda dapat menambahkan bantal-bantal di sofa dengan berbagai tekstur dan pola, asalkan tetap menggunakan warna monokrom seperti hitam, putih, atau abu-abu. Untuk kesan yang sedikit berbeda, Anda bisa menggunakan warna warm white untuk menghadirkan kesan hangat di ruangan.

Baca Juga: Tips Dekorasi Rumah untuk Meningkatkan Mood, Coba Yuk!

Pola dan kontras warna

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan supaya rumah minimalis Anda tidak terlihat membosankan adalah dengan memainkan kontras warna dan menggunakan pola dan motif sederhana sebagai aksen. Hal tersebut juga berlaku untuk ruangan dengan konsep warna monokrom.

Gambar di atas menggunakan pola garis-garis pada sisi kanan dinding untuk menciptakan titik fokal pada ruangan. Selain itu, warna hitam yang digunakan pun terlihat kontras dengan seluruh ruangan yang didominasi warna abu-abu dan putih. Anda juga dapat menambahkan kontras warna lain melalui aksen-aksen kecil seperti bantal sofa dan vas tanaman.

Warna monokrom yang lembut

Ketika mendengar kata monokrom, mungkin Anda membayangkan perpaduan warna yang terkesan dingin dan kaku. Sebenarnya, ada cara untuk menghadirkan kesan lembut dan hangat pada rumah minimalis yang monokrom, lo.

Kuncinya, gunakan warna-warna dengan tone yang hangat. Gambar di atas didominasi dengan warna warm white dengan sedikit aksen abu-abu dan hitam supaya ruangan tidak terlalu pucat. Kesan yang hangat dan nyaman pun bisa didapatkan dari ruangan yang menggunakan palet warna monokrom.

Nah, itulah 5 inspirasi dan ide mendekorasi rumah minimalis dengan warna monokrom yang bisa Anda terapkan di rumah sendiri. Bagaimana, adakah ide yang menarik perhatian Anda di atas?

Selamat mendekorasi rumah impian!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News