HOME, Keluarga

Simak Yuk! Ini Trik Mendekorasi Rumah yang Ramah Lingkungan

Simak Yuk! Ini Trik Mendekorasi Rumah yang Ramah Lingkungan

MOMSMONEY.ID - Sejak beberapa tahun belakangan, kesadaran akan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan dan sustainable sudah mulai banyak dilakukan.

Jika mendengar gaya hidup ramah lingkungan, mungkin Anda membayangkan kegiatan membuat kompos atau mendaur ulang barang. Padahal, gaya hidup ini bisa diaplikasikan pada hampir semua aspek kehidupan, misalnya mendekorasi rumah.

Penasaran bagaimana caranya mendekorasi rumah dengan cara yang ramah lingkungan dan sustainable? Dilansir dari ecobnb.com dan inhabitat.com, berikut tips mendekorasi rumah yang ramah lingkungan yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Pahami Plus dan Minus Produk Pembersih Buatan Sendiri

Gunakan furnitur atau dekorasi bekas

Untuk mendukung gaya hidup yang sustainable atau berkelanjutan, Anda bisa menggunakan furnitur atau dekorasi secondhand alias bekas untuk memperpanjang masa pakai barang tersebut.

Jadi, jangan malu-malu untuk memburu dekorasi bekas, asalkan kualitasnya masih bagus sehingga Anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu lama.

Pilih material yang eco-friendly

Jika Anda ingin membeli furnitur atau dekorasi yang baru, sebisa mungkin pilih barang dengan material yang eco-friendly, mulai dari proses produksinya yang sustainable hingga bahannya yang ramah lingkungan dan toxic-free.

Penggunaan material yang eco-friendly dan sustainable memiliki beragam manfaat. Tak hanya ramah lingkungan, kesehatan Anda dan penghuni rumah pun juga terjaga.

Baca Juga: 4 Tips Bikin Perpustakaan di Rumah, Simpel dan Nyaman!

Gunakan tanaman hias

Salah satu cara termudah untuk mendekorasi rumah dengan cara yang ramah lingkungan adalah dengan menggunakan tanaman hias.Tak hanya membantu meningkatkan kualitas udara dan menyegarkan ruangan, warna hijau dari tanaman hias juga dapat memberi tambahan warna yang apik di dalam ruangan. Pilihlah tanaman hias kesukaan Anda yang simpel dan mudah dirawat.

Baca Juga: Awas, Jangan Gunakan Baking Soda untuk Bersihkan Benda-Benda Ini!

Gunakan gaya interior yang timeless

Karena tren dekorasi rumah selalu berganti, pilihlah tema atau gaya interior rumah yang simpel dan timeless alias tidak pernah ketinggalan zaman. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot mengganti dekorasi atau furnitur rumah setiap beberapa tahun hanya karena merasa interior rumah Anda terlihat kuno dan tidak trendy lagi.

Beli barang-barang lokal

Gaya hidup sustainable akrab dengan istilah jejak karbon atau carbon footprint, yaitu jumlah gas seperti karbon dioksida dan metana yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari. Salah satunya adalah jejak karbon yang muncul dari pengiriman paket dan barang-barang lainnya. Semakin jauh jarak pengiriman, maka semakin banyak jejak karbon yang dihasilkan.

Nah, untuk mengurangi jejak karbon ini, Anda bisa membeli dekorasi rumah dari toko lokal di sekitar Anda. Jadi, selain dapat mendukung perekonomian lokal, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membayar ongkos kirim dan tidak perlu khawatir dengan jejak karbon yang akan dihasilkan.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan supaya dekorasi rumah Anda lebih ramah lingkungan dan sustainable. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News