Bugar

Simak yuk, Ini Cara Meditasi yang Benar untuk Pemula

Simak yuk, Ini Cara Meditasi yang Benar untuk Pemula

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa cara meditasi yang benar untuk pemula yang bisa Anda lakukan jika mulai ingin bermeditasi.

Banyak orang mengira bahwa diperlukan ruangan tenang, musik khusus, atau ritual tertentu untuk melakukan meditasi. 

Padahal, Anda bisa melakukannya kapan saja. Misalnya, saat menunggu bus datang, istirahat di sela waktu kerja, atau di tengah kemacetan lalu lintas.  

Meditasi adalah salah satu bentuk latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran. Sehingga, Anda bisa merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif. 

Praktik ini umumnya dilakukan dengan cara duduk tenang, memejamkan mata, dan mengatur pernapasan perlahan-lahan dan teratur, setidaknya selama 10–20 menit. 

Meski teknik meditasi ada banyak, intinya aktivitas ini terdiri dari beberapa elemen utama dan ini harus diketahui oleh pemula. 

Bersumber dari Health Focus dan Medical News Today, inilah beberapa cara meditasi yang benar untuk pemula yang bisa Anda lakukan, antara lain:  

Baca Juga: Wajib Coba, 3 Gerakan Ini Bisa Mengatasi Sakit Punggung lo

1. Memposisikan tubuh dengan nyaman

Cara meditasi yang benar untuk pemula yang pertama adalah memosisikan tubuh dengan nyaman dan bisa melakukan meditasi dengan tenang.  

Agar manfaat meditasi terasa maksimal, penting untuk melakukannya dengan posisi yang nyaman, baik itu saat duduk, berbaring, atau bahkan berjalan. 

2. Memfokuskan pikiran

Cara meditasi yang benar untuk pemula yang kedua adalah memfokuskan pikiran hanya untuk melakukan meditasi.  

Pikiran yang fokus merupakan unsur meditasi paling penting. Cara ini dapat membantu menjernihkan pikiran dari banyaknya gangguan yang memicu stres, kecemasan, dan kekhwatiran. 

3. Melakukan di tempat tenang

Cara meditasi yang benar untuk pemula yang ketiga adalah melakukannya di tempat yang tenang dan sejuk.  

Jika Anda belum terbiasa, coba mulai melakukan di tempat yang bebas dari hal-hal yang berpotensi menjadi gangguan, seperti dering telepon genggam, bunyi TV, atau bunyi kendaraan. 

Setelah terbiasa melakukannya di tempat tenang, Anda bisa membiasakan diri bermeditasi di tempat yang ramai. 

Baca Juga: Cara Efektif Mengatasi Telat Datang Bulan Secara Alami

4. Bernapas secara perlahan

Cara meditasi yang benar untuk pemula yang keempat adalah bernapas secara perlahan dan meraskan semua ritme pernapasan yang dilakukan. 

Pernapasan yang pelan dan dalam bisa meningkatkan oksigen yang terhirup ke dalam paru-paru, sehingga jumlah oksigen di dalam darah dan seluruh tubuh pun bertambah. 

Ini bisa membuat tubuh Anda terasa lebih nyaman saat meditasi. Oksigen yang tercukupi pun bisa membuat otak lebih mudah fokus dan konsentrasi. 

5. Tersenyumlah ketika meditasi usai

Cara meditasi yang benar untuk pemula yang kelima adalah tersenyumlah ketika meditasi selesai untuk memberikan pengahrgaan kepada dirimu.  

Setelah dua menit berlalu, tersenyumlah dengan rasa syukur bahwa Anda berhasil menjalankan komitmenmu untuk bermeditasi. Kemudian, buka mata perlahan. 

Coba juga belajar untuk mengatur emosi dan pikiran Anda. Saring emosi negatif dan pertahankan pikiran positif, agar Anda bisa merasa lebih tenang dan nyaman. 

Untuk hasil yang maksimal, cobalah jadikan meditasi sebagai bagian dari aktivitas rutin Anda setiap hari.  

Guna memelihara kesehatan tubuh, Anda juga perlu beristirahat yang cukup, rutin berolahraga, dan menjauhi rokok dan minuman beralkohol. 

Itulah beberapa cara meditasi yang benar untuk pemula yang bisa Anda lakukan jika mulai ingin bermeditasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News