HOME, Keluarga

Simak, Trik Memanen Daun Lidah Buaya yang Tepat!

Simak, Trik Memanen Daun Lidah Buaya yang Tepat!

MOMSMONEY.ID - Lidah buaya merupakan tanaman yang sangat bermanfaat. Tanaman ini merupakan bagian dari sukulen yang memiliki daun berdaging tebal berisikan gel. Gel ini punya banyak manfaat, seperti untuk meredakan luka bakar dan menyuburkan rambut.

Anda yang memiliki tanaman lidah buaya, dapat memanennya kapan pun ketika daunnya sudah cukup tua untuk dipotong. Namun, perlu trik yang tepat saat memanem daun lidah buaya agar tanaman tetap sehat dan memungkinkannya untuk tumbuh lagi.

Berikut trik memanen daun lidah buaya dilansir dari Dengarden.com.  

Baca Juga: Mengenal Terarium, Ekosistem Mini Buatan di Dalam Kaca

Alat dan perlengkapan yang dibutuhkan

Alat yang dapat digunakan untuk memotong daun lidah buaya adalah pisau dapur atau gunting. Namun, jika tanaman tumbuh lebih besar, mungkin  memerlukan gunting tanaman untuk memotongnya. Jangan lupa untuk mensterilkan alat pemotong sebelum menggunakannya pada tanaman. Anda dapat menggosoknya dengan alkohol dan membiarkannya kering untuk beberapa saat.

Selain alat pemotong, siapkan sarung tangan untuk melindungi tangan dari duri-duri di sekitar tepi daun. Anda juga membutuhkan wadah untuk meletakkan hasil panen.

Bagian daun yang dipanen

Letak gel lidah buaya paling banyak diterdapat di bagian daun yang tua atau matang. Jadi, cari daun yang tebal, halus, dan berwarna hijau tua.

Ukuran daun yang sudah siap panen akan tergantung pada seberapa besar tanaman Anda. Jika tanaman lidah buaya Anda berukuran besar, carilah yang panjangnya sekitar satu kaki atau sekitar 30,48 cm. Jika ukuran tanaman lebih kecil, carilah daun yang panjangnya sekitar 4 inchi dengan tebal setidaknya 1 inchi.

Baca Juga: Ini 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyiram Tanaman

Trik memotong daun

Setelah memilih daun, gunakan pisau atau gunting yang tajam untuk memotongnya di dekat pangkal tanaman.  Jadi, jangan potong sampai habis.  Setelah memotong daunnya, pegang bagian ujung yang telah dipotong ke bawah agar aloinnya menetes.

Aloin adalah getah kuning-cokelat yang memiliki rasa pahit dan efek pencahar yang kuat. Anda tentu harus menghindari ini jika ingin menggunakan gel lidah buaya, apalagi jika akan dikonsumsi. Dalam dosis kecil, aloin dapat menyebabkan diare, mual, mulut kering, dan komplikasi lain pada individu yang sensitif.

Setelah itu, letakkan daun hasil panen ke dalam wadah yang telah disiapkan. Anda perlu mencucinya hingga bersih sebelum memotong daun untuk mengambil gelnya.

Cara memisahkan gel  

Gel di dalam daun lidah buaya mempertahankan bentuk yang cukup baik, meski sudah dipotong dan dicuci. Pertama-tama, potong bagian ujung daun lidah buaya. Jika daun lidah buaya memiliki simpul, Anda bisa membuangnya karena tidak ada gel di dalamnya.

Setelah itu, potong bagian tepi yang terdapat duri-duri tajam. Usai mengamankan duri, Anda dapat mengupas kulit hijau yang terdapat di atas dan di bawah daging gel. Jika daun terlalu besar, potong menjadi beberapa bagian untuk memudahkan pengupasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News