Keluarga

Simak Tips Sesuaikan Warna Kamar dengan Kepribadian Anak

Simak Tips Sesuaikan Warna Kamar dengan Kepribadian Anak

MOMSMONEY.ID - Punya anak yang pasif? Atau justru anak Anda tipe yang aktif? Simak berikut ini tips menyesuaikan warna kamar dengan kepribadian anak.

Ternyata, memilih warna cat untuk kamar anak sebaiknya Anda sesuaikan dengan karakter anak.

Nah, Jotun merilis warna baru untuk produk cat agar orang tua bisa meyesuaikan cat kamar anak dengan karakter buah hati. 

Mengutip penelitian berjudul Conceptual Parametric Relationship for Occupants’ Domestic Environmental Experience yang ditulis oleh Sajal Chowdhury dan rekannya, warna kamar anak berpengaruh signifikan dan berkolerasi dengan potensi kreatif dari si anak.

Hal ini juga menjadi tujuan dari Jotun untuk bisa meningkatkan kreatifitas anak dengan pilihan warnya yang tepat.

Regional Colour Marketing Manager South Asia & Pacific Jotun Natrah Omar Rahim mengatakan, Jotun berusaha memahami setiap anak dengan keunikan dan kepribadian yang berbeda-beda. 

"Sehingga, membutuhkan pengalaman yang berbeda pula dalam mengeksploriasi dunia warna," ujarnya.

Baca Juga: Hati-Hati Pilih Warna Kamar Anak di Tengah Cuaca Panas ya Moms, Berikut Tipsnya

Natrah bilang, ada tiga tema yang diusung dari warna-warna baru Jotun yang berjumlah 21. Setiap tema merupakan gambaran dari alam yang ditinggali dan setiap warna dirancang, agar anak takjub dan membuat perbedaan dalam hidup mereka. 

Pertama, pastel forest yang hadir dengan tujuh pilihan warna daun. Ketujuh warna ini terinspirasi dari seorang anak yang begitu menyukai warna alami hutan. 

Kedua, enternal ocean yang terinspirasi dari seorang anak yang imajinasinya seluas samudera yangd alam dan biru. Tema warna ini hadir dalam enam pilihan. 

Ketiga, pinkish pastures hadir dalam delapan pilihan warna. Warna ini terinspirasi dari seorang gadis yang mencintai warna hewan di bumi.

Meskipun dinamakan pinkish, warna-warna ini tetap bisa digunakan untuk anak laki-laki karena ragam pilihannya. 

Ram Ramnath, President Director PT Jotun Indonesia, menyebutkan, ruang yang dirancang dengan baik, dapat melahirkan imajinasi yang tak terbatas bagi anak. Dan, warna memberikan kehidupan yang nyata bagi setiap bagian imajinasi. 

"Kehadiran Kids Collection 2023 merupakan wujud komitmen Jotun untuk memenuhi impian setiap anak untuk memiliki ruang yang ajaib dan juga nyaman," ungkap Ram saat peluncuran Jotun Kids Collection di Jakarta beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: Moms, Ini Pengaruh Penggunaan Cat Kamar pada Anak

Warna beri stimulasi anak

Menurut Dokter Spesialis Anak Kurniawan Satria Denta, warna memainkan peran penting untuk tumbuh kembang anak. Pasalnya, warna bisa memberikan stimulus bisual yang kuat pada otak dan membantu perkembangan penglihatan setar kesehatan mental anak. 

Stimulus visual melalui warna dapat diberikan sesuai tahap perkembangan anak dengan memperhatikan prefensi warna anak yang berbeda.

"Sehingga, penting bagi orang tua memberikan rangsangan warna yang beragam untuk memperkaya pengalaman anak-anak mereka," ujar Denta. 

Patricia Elfira Vinny, Psikologis Klinis Anak dan Dewasa, menambahkan, memang banyak penelitian yang mengatakan soal pengaruh kamar anak dengan pikologi anak. Makanya, harus pintar-pintar memilih warna anak. 

Elfira menyarankan, jika butuh warna yang menenangkan maka pilihan warna yang tepat adalah biru.

Baca Juga: Dukung Hunian Lebih Estetik, Jotun Luncurkan Produk Ini

"Warna biru ada efek menenangkan saraf dan membuat lebih rileks karena menggambarkan warna biru sehingga menenangkan jika dipandang," ujarnya. 

Jotun Kids Collection 2023 pun memiliki pilihan warna ini, seperti coral reef blue, moon reflection, blue whale, dan nordic breeze. 

Sementara untuk anak-anak yang aktif, ada baiknya memberikan warna kamar anak dengan kuning. Menurut Elfira, bisa memberikan efek menenangkan juga untuk si anak. Di Jotun Kids Collection 2023, ada zest maupun yellowin. 

Nah, sementara bagi anak yang pasif  warna yang tepat adalah warna merah dan hijau. "Lebih menyala dan terkesan segar. Bisa membuat anak lebih bersemangat," ujar Elfira. 

Di Jotun Kids Collection 2023 pun ada pilihan warna yang cocok seperti saran Elfira. Di antaranya deep forest yang warnanya lebih ke arah merah dan juga refresh yang condong ke biru telur asin. 

Nah, apa nih kira-kira warna kamar yang cocok untuk kepribadian anak Moms?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News