Bugar

Simak Tips Memenuhi Nutrisi saat Puasa dari Re.juve

Simak Tips Memenuhi Nutrisi saat Puasa dari Re.juve

MOMSMONEY.ID - Selama puasa tubuh akan merasa lemas dan mudah lelah. Berikut ini tips memenuhi nutrisi saat puasa dari Re.juve.

Wajar terjadi selama puasa tubuh akan merasa lemas dan mudah lelah, karena kadar gula dalam darah menurun akibat tidak ada asupan makanan selama belasan jam. 

Kalau tubuh mudah lelah, pekerjaan dan aktivitas bisa terhambat karena kurang semangat. Nah, agar badan bisa tetap sehat dan bugar selama puasa, yuk, simak tips memenuhi nutrisi berikut ini.

Meski sedang berpuasa, tubuh tetap membutuhkan nutrisi yang seimbang. Kebutuhan gizi seseorang bisa berbeda-beda tergantung beberapa faktor. 

Faktor yang memengaruhi meliputi berat badan, usia, jenis kelamin, hingga aktivitas serta keadaan khusus. 

Misalnya, jika Anda penderita anemia, mungkin akan memerlukan lebih banyak makanan yang mengandung zat besi. 

Baca Juga: Wajib Terpenuhi Moms! Inilah Nutrisi Penting untuk Anak yang Ikut Berpuasa

Berdasarkan Tabel Angka Kebutuhan Gizi yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan, pria yang berusia 20-an memerlukan energi setidaknya 2650 kalori. 

Sedang bagi wanita yang berada di rentang usia yang sama, memerlukan energi sedikitnya 2250 kalori. 

Selain itu, kebutuhan vitamin dan mineral pun juga berperan penting untuk menunjang aktivitas harian. Maka dari itu, Anda perlu menyiapkan menu seimbang saat sahur dan berbuka puasa.

Asupan gizi seimbang mencakup konsumsi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. 

Biar bisa tetap sehat dan bugar selama puasa, Anda perlu mencukupi minimal 40% dari energi yang dibutuhkan saat sahur. 

Nah, berikut ini empat tips untuk penuhi nutrisi dan bikin kenyang lebih lama saat puasa Ramadan 2023 dari Re-juve:

Baca Juga: Harus Anda Hindari, Ini 5 Penyebab Perut Buncit saat Berpuasa

1. Konsumsi makanan dan minuman tinggi protein dan kaya serat

Saat puasa, banyak orang memilih untuk menambah jumlah karbohidrat terutama saat sahur. Padahal, kelebihan karbohidrat justru membuat Anda cepat mengantuk.

Dibanding memperbanyak karbohidrat, Anda bisa memfokuskan jumlah asupan protein dan serat. Hal ini berguna untuk membuat merasa kenyang lebih lama.

Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman tinggi protein dan serat. Beberapa pilihan makanannya, seperti kacang-kacangan, telur, ikan, dan daging ayam. 

Bisa juga dengan mengonsumsi minuman praktis, yaitu smoothies ready to drink yang memiliki kandungan protein serta serat tinggi.

Baca Juga: Hesti Purwadinata Bagi Tips Bugar Kala Ramadan

2. Pilih karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks juga bisa membantu kenyang lebih lama. Dengan begitu, memasukkan makanan koarbohidrat kompleks dalam menu sahur akan membantu Anda kuat berpuasa. 

Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama dalam pencernaan, makanya kamu pun tidak mudah lapar. Selain itu, karbohidrat kompleks mengandung serat, vitamin, dan mineral yang tinggi. 

Anda bisa memilih susu almond, susu oat, pisang, nasi merah, roti gandum, dan ubi jalar.

3. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan

Meskipun gula bisa diubah menjadi energi, kelebihan konsumsi makanan dan minuman dengan gula tambahan tidak baik untuk kesehatan. 

Energi yang dihasilkan pun tidak bisa bertahan lama, sehingga Anda akan mudah lemas bila mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula saat sahur.

Minuman tinggi gula tambahan juga tidak dianjurkan saat berbuka puasa. Pasalnya, kadar gula darah dapat melonjak drastis. 

Sebagai gantinya, Anda bisa memilih makanan dan minuman yang mengandung gula alami dari buah dan sayur. 

Selain kebutuhan gula tercukupi dan kesehatan tetap terjaga, Anda juga mendapatkan vitamin dan mineral yang cukup selama puasa. 

Meminum jus murni yang terbuat dari buah dan sayur segar tanpa tambahan gula adalah pilihan yang tepat untuk mencukupi kebutuhan gula saat puasa.

Baca Juga: Bosen Dengan Takjil Itu-Itu Saja? Ini 5 Rekomendasi Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa

4. Lengkapi kebutuhan mikronutrien

Saat puasa, pastikan tidak hanya fokus pada makanan yang mengandung makronutrien saja. Anda juga perlu melengkapi kebutuhan mikronutrien yang terdiri dari vitamin dan mineral. 

Vitamin A, B kompleks, C, D, E, dan K sangat dibutuhkan oleh tubuh agar bisa tetap berfungsi secara normal. 

Selain itu, mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, dan zat besi juga tidak kalah penting. Variasikan menu makanan dan minuman saat sahur dan berbuka agar kebutuhan nutrisi makro dan mikro-mu terpenuhi, ya.

Selain keempat tips di atas, Anda juga harus memenuhi kebutuhan cairan, berolahraga ringan, dan cukup istirahat untuk menjaga badan tetap bugar dan sehat saat puasa. 

Apalagi, selama lebih dari 12 jam Anda tidak bisa mengganti cairan tubuh yang keluar. Anda bisa mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit alami saat berbuka untuk bantu tubuh kembali segar.

Itulah tips memenuhi nutrisi saat puasa dari Re.juve.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News