BisnisYuk

Simak Strategi Kolaborasi Bisnis Pemenang Indonesia Brand Forum 2022

Simak Strategi Kolaborasi Bisnis Pemenang Indonesia Brand Forum 2022

MOMSMONEY.ID - Pandemi Covid-19 benar-benar merubah cara pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya. Dalam kondisi seperti sekarang, khususnya di era endemi, strategi yang ampuh untuk memenangkan pasar bukan lagi berkompetisi. Justru jantung keunggulan bisnis saat ini terletak pada kolaborasi.

Topik kolaborasi inilah yang kemudian diangkat dalam Indonesia Brand Forum (IBF) 2022. Yuswohady, Founding Chairman IBF bilang dengan kolaborasi, masing-masing pihak, baik brand maupun korporat dapat saling bahu-membahu mengintegrasikan ekosistem fisik maupun digital. Kolaborasi akan menghasilkan win-win solution bagi semua pihak.

Inilah saatnya menyatukan kekuatan satu sama lain, bergandengan tangan bersama, alih-alih bersaing habis-habisan. Sebaliknya, tanpa kolaborasi, kita menghabiskan banyak energi dan sumber daya, tapi tak menciptakan situasi yang saling menguntungkan. "Istilah saya, ke depannya kita harus berkolaborasi, karena ‘Kalau Nggak Kolab, Bakal Kolaps’. Jangan sendirian menghadapi tantangan ini, apalagi berkompetisi tak keruan, berperang tanpa arah,” ujarnya.

Baca Juga: Kisah Sukses Nova Puspita Merintis Bisnis Parfum Lokal

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, IBF 2022 kali ini memberikan penghargaan pada kepada sejumlah merek yang dinilai paling berhasil melakukan kolaborasi dalam berbisnis. Seperti apa strategi kolaborasi para pemenangnya? Yuk simak pemaparannya :

1. Allo Bank: The Best Brand Champion for Ecosystem Collaboration

Allo Bank merupakan salah satu bank digital yang belum lama hadir di tanah air. Meski tergolong pemain yang relatif baru, tetapi perusahaan berhasil berkolaborasi dan mengintegrasikan dengan seluruh jaringan CT Corp dalam satu gengaman. Melalui aplikasi Allo Bank, kini semua layanan yang dibutuhkan konsumen bisa diakses dengan mudah. Hal ini tidak bisa diwujudkan jika tidak melakukan kolaborasi dengan seluruh ekosistem CT Corp yang ada.

2. IndiHome: The Best Brand Champion for Product/Service Collaboration

Sebagai salah satu penyedia layanan internet, kini Indi Home cukup aktif melakukan kolaborasi dan sinergi dengan beragam layanan streaming service atau video over the top (OTT) untuk melengkapi layanan hiburan yang bisa dinikmati pelanggan. Manajemen sadar betul untuk membangun ekosistem digital service dan digital content terlengkap tidak bisa dilakukan sendiri, tetapi memang harus berkolaborasi dengan berbagai layanan streaming service. Salah satu yang diajak bekerja sama adalah Netflix.

3. ASUS ROG: The Best Brand Champion for Marketing Communications Collaboration

ASUS ROG merupakan penyedia produk hardcore bagi para gamer. Untuk semakin mendekati target marketnya, manajemen memilih melakukan strategi pemasaran dengan menggandeng komunitas gamer. Disatu sisi para gamer bisa mendapatkan pengalaman lebih mengenai inovasi produk ASUS ROG, tetapi dilain pihak perusahaan juga bisa menerima masukan agar bisa menyempurnakan lebih lanjut teknologi yang dikembangkannya.

4. Bio Farma: The Best Corporate Collaboration for Pandemic Solution

Kolaborasi yang dilakukan Bio Farma dengan berbagai instansi untuk menyediakan dan mendistribusikan vaksin Covid-19 membawa inovasi ini menyabet penghargaan IBF 2022. Berkat kolaborasi yang apik baik di kancah nasional maupun internasional proses vaksinasi bisa berlangsung dengan baik.

Baca Juga: Menyeruput Cuan dari Bisnis Sirup

5. Wonderful Indonesia: The Best Government Collaboration for Nation Branding

Wonderful Indonesia sebagai brand yang dikembangkan oleh Kemeterian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dinilai cukup berhasil membangun sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air. Sudah lebih 70 mitra yang diajak berkolaborasi untuk semakin memperkenalkan Wonderful Indonesia. Hasilnya, kini daya saing pariwisata Indonesia berhasil duduk di peringkat 32 dunia, mengalahkan Thailanda dan Malaysia.

6. Pertamina x ITDC x MotoGP: The Best Corporate Collaboration for Nation Branding

Untuk pertama kalinya akhirnya Indonesia berhasil menjadi tuan rumah perhelatan MotoGP - Pertamina Grand Prix of Indonesia. Kolaborasi apik antara Pertamina, ITDC dan Dorna Sport (penyelenggaran Moto GP menggelar acara balapan bergengsi di Lombok pada Maret lalu telah menciptakan nasional branding yang kuat dan disegani.

7. Kalla Group: The Best Corporate Collaboration for Ecosystem Development in East Indonesia

Grup bisnis milik keluarga mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla ini berhasil menyabet penghargaan ini karena kolaborasinya menciptakan customer experiance bagi pelanggan Kalla Group di kawasan Indonesia Timur. Salah satu bentuk kolaborasi yang dilakukan tercermin dalam aplikasi Kalla Friends yang membawa misi menghadirkan enterpreneur lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News