Bugar

Simak Perbedaan Kondisi Kulit & Cara Perawatan Kulit Wajah Pria dan Wanita

Simak Perbedaan Kondisi Kulit & Cara Perawatan Kulit Wajah Pria dan Wanita

MOMSMONEY.ID - Anda perlu tahu perbedaan kondisi kulit serta cara perawatan kulit wajah pria dan wanita. 

Kulit wajah pria dan wanita memiliki perbedaan, sehingga cara perawatan wajahnya pun juga berbeda. Namun, baik perempuan maupun pria sangat perlu melakukan perawatan wajah secara rutin.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengenali kondisi kulit wajah pria yang dilansir dari nivea.co.id, yaitu:

1. Memiliki Pori-Pori Lebih Besar

Kulit pria memiliki pori-pori yang lebih besar dan memproduksi minyak lebih banyak. Sebab produksi kelenjar minyak pria cenderung lebih banyak dibandingkan wanita. Hal ini dipengaruhi oleh faktor hormonal, yaitu hormon testosteron.

Sehingga, kulit pria rentan mengalami masalah kulit wajah seperti jerawat. Pria cenderung lebih cuek mengenai penampilannya, apalagi bagi pria yang tidak mencuci wajah secara teratur atau sering beraktivitas di luar, akan lebih besar mengalami masalah ini. 

2. Kulit Wajah Pria Lebih Mudah Mengelupas

Selanjutnya, kulit wajah pria lebih mudah mengelupas dibandingkan wanita. Perawatan wajah pria yang rutin, akan membuat kulit wajah pria lembab dan sehat. Lakukan perawatan wajah secara rutin dengan menggunakan produk yang benar dan sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. 

Selain face wash, lakukan scrub dalam perawatan kulit wajah untuk mengangkat sel kulit mati dan gunakan secara berkala. Biasanya produk perawatan wajah pria memiliki konsentrasi zat pembersih yang lebih tinggi dibandingkan produk pembersih wajah wanita.

Kulit wajah pria yang lebih mudah mengelupas akan lebih rentan mengalami iritasi ataupun infeksi. Sehingga Anda perlu berhati-hati saat memilih produk perawatan wajah. 

3. Adanya Siklus Hormonal

Tidak hanya wanita yang memiliki siklus hormonal, pria juga memiliki siklus hormonal. Fungsi kulit dan kelenjar pendukungnya dipengaruhi oleh hormon. Pada pria, hormon yang berperan adalah hormon testosteron. Agar dapat mengatasi jerawat hormonal, Anda perlu melakukan perawatan wajah secara rutin.

4. Kadar Kolagen

Yang menjadi poin tambahan untuk pria, kulit pria mengandung kadar kolagen yang lebih tinggi dibandingkan wanita. Sehingga, kulit wajah pria cenderung lebih awet muda. Selain itu, kulit wajah pria juga lebih tampak tebal dibandingkan kulit wajah wanita. 

Baca Juga: 5 Cara Mengencangkan Kulit Wajah dengan Pola Makan, Wajib Coba

Itulah kondisi kulit wajah pria. Tentunya, perawatan kulit wajah pria dan wanita juga berbeda. Perawatan wajah pria cenderung lebih simpel dibandingkan perawatan wajah wanita. Ada beberapa cara perawatan kulit wajah pria yang bisa anda ikuti, yaitu :

1. Kenali Jenis Kulit Wajah

Mengenali jenis kulit wajah adalah hal dasar yang harus anda tahu. Sebab, setiap jenis kulit wajah membutuhkan perawatan dan nutrisi yang berbeda. Selain itu, Anda juga akan mudah menentukan produk skincare wajah yang tepat.

2. Mencuci Wajah 

Mencuci wajah dua kali sehari secara rutin. Mencuci wajah sangat penting dilakukan agar wajah Anda bersih dan sehat. Tentunya, Anda tidak ingin mengalami masalah kulit wajah yang akan membuat penampilan menjadi kurang menarik. 

3. Gunakan Pelembab dan Sunscreen

Tidak hanya wanita, kulit wajah pria juga membutuhkan pelembab dan sunscreen. Pelembap berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit Anda. Sementara produk sunscreen bisa melindungi wajah dari paparan sinar UV yang bisa memicu penuaan lebih cepat. 

4. Lakukan Scrub

Pria juga bisa melakukan scrub wajah, yang berfungsi mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Lakukan scrub wajah minimal satu kali dalam seminggu. 

Sekarang Anda sudah tahu perbedaan kondisi kulit wajah pria dan wanita serta cara perawatannya. Pria dan wanita sama-sama harus merawat kesehatan kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News