Bugar

Simak Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Secara Alami

Simak Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Secara Alami

MOMSMONEY.ID - Terasa tidak nyaman, kenali penyebab dan cara menghilangkan jerawat pasir secara alami di sini. Jerawat pasir sendiri adalah jerawat yang berukuran kecil dan muncul dalam jumlah banyak.

Biasanya jerawat pasir tersebar di bagian dahi, pipi dan dagu-rahang. Jerawat pasir memiliki tekstur yang terasa kasar dan kecil-kecil seperti pasir saat disentuh.

Sebenarnya jerawat pasir tidak ada di dalam dunia medis, itu hanyalah istilah oleh masyarakat umum. Melansir dari sehatq.com, jerawat pasir memiliki kesamaan dengan jenis jerawat, seperti komedo putih (whitehead), pustula, dan papula.

Penyebab munculnya jerawat pasir akibat dari produksi minyak wajah yang berlebih dan menumpuknya sel-sel kulit mati. Selain itu, penyebab jerawat pasir lainnya yaitu hormon yang tidak seimbang, stres, pubertas dan fase menstruasi.

Kebiasaan tidur begadang dan pola makan tidak sehat juga menjadi penyebab munculnya jerawat pasir. Munculnya jerawat tentunya membuat Anda merasa tidak percaya diri dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Oleh karena itu, berikut cara menghilangkan jerawat pasir secara alami dikutip dari laman dove.com dan thebodyshop.co.id, yaitu:

Jerawat Pasir

Baca Juga: Simak 8 Urutan Hair Care Routine di Rumah untuk Rambut Sehat dan Kuat

1. Lidah Buaya

Cara pertama mengatasi jerawat pasir secara alami adalah menggunakan lidah buaya. Bahan alami ini sudah sejak lama dipercaya mampu mengatasi masalah kulit wajah khususnya jerawat.

Lidah buaya dapat menghilangkan bakteri jerawat dan mempercepat pemulihan wajah yang mengalami peradangan akibat jerawat pasir jenis papula dan pustula. Anda bisa menggunakan masker wajah berbahan lidah buaya untuk mengatasi masalah jerawat pasir.  

2. Green Tea

Cara menghilangkan jerawat pasir selanjutnya dengan menggunakan green tea. Kandungan polifenol di dalam green tea dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan kandungan Vitamin C di dalamnya juga dipercaya efektif meredakan peradangan jerawat.

Anda bisa mengatasi jerawat dengan cara meminum green tea, karena detoksifikasi alami mampu memberikan manfaat kulit yang sehat dan segar.

3. Tea Tree Oil

Cara mengatasi jerawat pasir lainnya yaitu dengan tea tree oil. Tea tree oil memiliki kandungan yang sama efektifnya dengan zat benzoil peroksida yang terkandung di dalam obat jerawat.

Namun, tea tree oil tidak memberikan efek samping seperti kulit yang memerah, kering, atau mengelupas. Selain cara alami tersebut, Anda juga dapat menghilangkan jerawat pasir dengan melakukan rangkaian skincare routine yang dilansir dari Kalasemi, yaitu:

  • Pilihlah cleanser yang tepat. Anda dapat memilih kandungan cleanser berbahan AHA, BHA dan Tea Tree.
  • Bersihkan sumbatan dan sel-sel kulit mati.
  • Mengontrol produksi sebum dengan cara memilih produk skincare seperti Niacinamide dan Clay Mask. 
  • Selalu melembapkan dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Gunakan selalu sunscreen sebelum beraktivitas di luar rumah, ya. 

Nah, sekarang Anda sudah tahu penyebab dan cara menghilangkan jerawat pasir secara alami. Segera rawat kulit Anda dengan tepat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News