HOME, Keluarga

Simak Kelebihan Jika Anda Memiliki Tanaman Hias Monstera di Rumah

Simak Kelebihan Jika Anda Memiliki Tanaman Hias Monstera di Rumah

MOMSMONEY.ID - Tanaman monstera atau yang biasa dikenal sebagai tanaman janda bolong merupakan tanaman hias yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Habitat asli tanaman hias ini adalah hutan hujan Amerika Tengah. Di alam liar, monstera dapat mencapai ketinggian 30-40 meter, tetapi akan tumbuh lebih rendah bila di dalam ruangan.

Monstera memiliki ciri khas daun yang berlubang, bahkan hampir menghilangkan seluruh permukaan daunnya untuk beberapa jenis. Dilansir dari Greeneryunlimited.co, menurut ahli biologi Christopher Muir dari Indiana University di Bloomington, lubang-lubang di daun disebabkan oleh kondisi di mana tanaman itu hidup di lingkungan alaminya.  

Baca Juga: Ini 5 Tanda Pupuk Organik Padat Berkualitas Baik untuk Tanaman

Di alam liarnya, monstera banyak tumbuh di bawah pohon. Pohon-pohon ini menutupi sinar matahari yang mereka butuhkan untuk fotosintesis. Sinar matahari hanya sesekali jatuh di daun dengan melewati dedaunan pohon dalam hembusan angin. Daun berlubang pada monstera memiliki peluang lebih baik untuk menangkap sinar matahari acak daripada dengan daun utuh yang luas. Semakin tua usia monstera, semakin banyak lubang.

Sebagai tanaman hias di rumah, monstera tentu memiliki kelebihan dan manfaat. Berikut beberapa manfaat memelihara monstera di rumah.

Memperbaiki Kualitas Udara

Tanaman hias dalam ruangan memiliki manfaat dapat memperbaiki kualitas udara, termasuk monstera. Jika diletakkan di dalam ruangan, daun tanaman dapat menyerap CO2 dan berbagai zat beracun yang bercampur di udara, seperti benzena, formaldehida, trichloroethlene, xylene, dan amonia.

Selain dapat memperbaiki kualitas udara, monstera tentu menghasilkan oksigen yang bermanfaat untuk manusia. Bahkan saat pagi hari. Adanya tanaman hias di dalam rumah juga dapat melembapkan ruangan agar tidak menimbulkan kekeringan pada kulit tubuh.

Mudah Dirawat

Kendati memiliki harga yang mahal dan elegan, monstera cukup mudah dirawat di rumah. Tanaman ini tak butuh banyak air, tidak membutuhkan banyak sinar matahari, tidak mudah layu, dan relatif tahan dengan serangan hama. Perawatan hariannya cukup dengan membersihkan daun yang berdebu, pemberian pupuk secara berkala, dan menyirami secara berkala.

Baca Juga: Ini Hal-Hal yang Menyebabkan Tanaman Cabai Membusuk

Toleran Kekeringan

Monstera pada dasarnya tak membutuhkan banyak air, sehingga mereka toleran dengan kekeringan. Anda dapat membiarkan tanah mengering di antara penyiraman. Artinya, Anda hanya dapat menyirami monstera saat tanahnya benar-benar kering. Selain itu, memberikan penyiraman yang berlebihan akan menimbulkan masalah pada tanaman monstera, seperti jamur dan tanaman mati.

Dapat Dilakukan Pengembangbiakan

Monstera cukup mudah diperbanyak dengan stek batang. Dilansir dari ourhouseplants.com, caranya adalah dengan menghapus ujung tubuh dari batang tepat di bawah simpul akar udara. Setelah selesai, tanam stek (termasuk simpul akar udara) dalam campuran kompos yang mirip dengan tempat induknya tumbuh dan mempertahankan kondisi yang sama sampai terbentuk.

Kendati demikian, ketika tanaman monstera tumbuh aktif dan subur, mereka akan mengeluarkan beberapa tunas dan daun baru. Hal ini tentu diimbangi dengan perawatan yang benar dan tepat.

Dapat Berbunga dan Berbuah

Sebagai tanaman hias daun, monstera ternyata dapat menumbuhkan bunga. Bunga yang dihasilkan memiliki penampilan yang khas dari banyak tanaman lain saat mekar. Jika monstera berukuran besar, akan menghasilkan bunga besar yang proporsional dan cantik.

Beberapa monstera seperti monstera deliciosa dapat menghasilkan buah yang dapat dimakan. Asalkan, buah itu dimakan saat sudah benar-benar makan. Lakukan riset tentang ini terlebih dahulu karena ada risiko yang ditanggung bila Anda memakan buahnya saat belum matang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News