Bugar

Simak, Inilah 3 Penyebab Utama Skizofrenia yang Perlu Anda Ketahui

Simak, Inilah 3 Penyebab Utama Skizofrenia yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Inilah beberapa penyebab utama skizofrenia yang perlu Anda ketahui, agar bisa mencegahnya dan mengatasinya dengan tepat.

Skizofrenia adalah sebuah gangguan mental yang membuat pengidapnya mengalami halusinasi, delusi, kekacauan pikiran, dan perubahan perilaku dalam jangka panjang.  

Gangguan ini merupakan yang paling banyak dialami oleh orang dewasa di Indonesia. Sekitar 400.000 orang mengidap skizofrenia.  

Seseorang yang mengalami skizofrenia mungkin akan mendengar suara-suara yang hanya ada dalam pikirannya.  

Pengidap juga akan melihat sesuatu yang tidak nyata dan memercayai bahwa orang lain mengendalikan pikirannya.  

Kondisi tersebut dapat membuat pengidapnya ketakutan dan mendorongnya untuk melakukan hal-hal yang tidak biasa.  

Baca Juga: Punya Asam Urat? Segera Hindari 5 Makanan Pantangan Ini

Apabila seseorang mengidap gangguan skizofrenia yang terbilang cukup berat, tidak jarang ia akan dikucilkan karena dianggap aneh.  

Kondisi ini membutuhkan penanganan seumur hidup dan dapat terjadi pada semua orang. Walau begitu, jika ditangani secepatnya, peluang untuk sembuh akan semakin besar.  

Hingga kini tidak ketahui secara pasti apa yang menyebabkan seseorang mengidap skizofrenia.  

Namun, para peneliti menyatakan ada pengaruh antara genetik, struktur otak, dan lingkungan yang dapat menyebabkan hal ini terjadi.   

Dikutip dari Healthline, inilah beberapa penyebab utama skizofrenia yang perlu Anda ketahui agar bisa mencegahnya dan mengatasinya dengan tepat, antara lain: 

Baca Juga: Simak yuk, Ini Cara Meditasi yang Benar untuk Pemula

1. Faktor kimia otak

Penyebab skizofrenia yang pertama bisa datang dari faktor kimia otak. Faktor lain yang menjadi penyebab skizofrenia adalah kimia otak.  

Sebuah penelitian mengungkapkan apabila ketidakseimbangan kadar dopamin dan serotonin dapat berisiko menimbulkan skizofrenia.  

Dopamin dan serotonin adalah bagian dari neurotransmitter, yaitu zat kimia yang fungsinya untuk mengirim sinyal pada sel-sel otak.  

2. Faktor genetik

Penyebab skizofrenia yang selanjutnya adalah faktor genetik. Faktor genetik disebutkan sebagai salah satu penyebab seseorang mengidap skizofrenia.  

Apabila salah satu keluarga inti kamu memiliki riwayat gangguan mental, kamu mempunyai kemungkinan sebesar 10 persen mengidap skizofrenia.  

Lalu, apabila kedua orangtua Anda memiliki riwayat tersebut, kemungkinan mengidap gangguan ini naik menjadi 40 persen.  

Kemungkinan yang lebih besar lagi dapat terjadi apabila Anda memiliki kembar identik yang mengidap skizofrenia.  

Walau begitu, ada banyak orang yang mengidap skizofrenia padahal dalam keluarganya tidak memiliki riwayat penyakit ini.  

Baca Juga: Hindari Mengucapkan 6 Kata-Kata Ini Saat Berbicara dengan Orang Sensitif

3. Faktor pengaruh lingkungan

Penyebab skizofrenia yang terakhir adalah faktor pengaruh lingkungan. Pengaruh lingkungan juga dapat menjadi penyebab skizofrenia pada seseorang.  

Para peneliti menyebutkan bahwa faktor lingkungan, mulai dari lingkungan sosial, gizi, bahan kimia, dan hormonal dalam rahim ibu selama kehamilan, dapat berpengaruh.  

Selain itu, faktor lainnya yang dapat memengaruhi kondisi ini adalah dinamika sosial, perasaan stres, konsumsi vitamin, terkena virus, dan penggunaan narkoba.  

Itulah beberapa penyebab utama skizofrenia yang perlu Anda ketahui, agar bisa mencegahnya dan mengatasinya dengan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News