HOME, Keluarga

Simak, Ini Tips Feng Shui untuk Rumah Menghadap Barat

Simak, Ini Tips Feng Shui untuk Rumah Menghadap Barat

MOMSMONEY.ID - Dalam feng shui, rumah yang menghadap ke arah mata angin tertentu menentukan arah masuk dan aliran energi chi di dalam rumah. 

Jadi, feng shui perlu disesuaikan dengan lokasi rumah tersebut.

Jika rumah Anda menghadap ke barat, bagaimana cara menata rumah yang sesuai dengan feng shui supaya energi chi bisa hadir? Simak tips berikut ini. 

Baca Juga: Ada Banyak Sinar Matahari di Rumah? Ini Cara Memanfaatkannya

Gunakan warna yang tepat untuk pintu rumah

Dalam feng shui, setiap arah mata angin memiliki elemen sendiri-sendiri. Jika pintu rumah Anda menghadap ke barat, maka elemen yang digunakan adalah elemen metal atau logam.

Mengutip The Spruce, elemen logam identik dengan warna putih, abu-abu, dan warna metalik seperti emas dan perak. Anda pun bisa menggunakan warna-warna tersebut pada pintu depan rumah.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan warna-warna elemen tanah seperti coklat, kuning, dan oranye.

Tambahkan elemen logam

Selain menggunakan warna-warna khas elemen logam, Anda juga bisa menghias area pintu rumah dengan benda-benda yang mengandung unsur logam.

Dikutip dari lovetoknow.com, Anda dapat menggunakan hiasan dinding, patung, hingga furnitur berbahan logam untuk diletakkan di dekat pintu.

Selain itu, coba tambahkan benda-benda berbentuk bundar atau lingkaran sebagai dekorasi. Lingkaran merupakan simbol dari elemen logam.

Baca Juga: Mengenal Metode Decluttering, Cocok untuk Merapikan Rumah Minimalis!

Perhatikan kondisi pintu rumah

Karena merupakan gerbang masuk bagi energi chi, kondisi pintu rumah Anda perlu diperhatikan dengan baik sehingga selalu dalam keadaan baik.

Menurut Home Guides SF Gate, pintu rumah Anda sebaiknya mengayun ke arah dalam supaya mengundang aliran chi untuk masuk ke dalam rumah.

Selain itu, pastikan pintu rumah Anda dirawat dengan baik supaya energi chi a terus-menerus hadir. Minyaki engselnya jika sudah berderit, bersihkan permukaan pintu, dan beri lapisan pelindung atau cat tambahan jika sudah mengelupas.

Baca Juga: Dianggap Bawa Sial dalam Feng Shui, Jangan Letakkan Tanaman Hias di Area Ini

Jaga keadaan di area pintu rumah

Terakhir, Anda perlu menjaga kebersihan di sekitar area pintu rumah. Hal ini penting untuk memastikan pintu bisa dibuka-tutup dengan bebas, sehingga chi bisa masuk dan mengalir dengan bebas pula.

Jika pintu rumah Anda menghadap langsung ke tangga rumah, gantung kristal atau lonceng angin di antara pintu dan tangga untuk mengimbangi aliran chi. Hindari menempatkan cermin di depan pintu, karena akan membuat chi mengalir ke luar rumah.

Itulah beberapa tips feng shui untuk rumah yang menghadap ke barat. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News