HOME, InvesYuk

Simak Ini Sebelum Beli Motor Bekas dengan Akad Kredit

Simak Ini Sebelum Beli Motor Bekas dengan Akad Kredit

MOMSMONEY.ID - Saat ini banyak sekali showroom sepeda motor bekas yang menjual berbagai varian motor dengan skema kredit. Hal ini karena sepeda motor yang dijual di showroom ini masih terbilang fresh alias bagus. Ya, lazimnya, sepeda motor seken yang dijual di lapak jual-beli kendaraan bekas, usianya paling tua tak lebih dari 5 tahun.

Namun, Anda harus cermat jika berencana membeli sepeda motor bekas. Sebab, biasanya, sepeda motor bekas yang masih terlihat seperti baru itu, harga jualnya cukup tinggi.

Nah, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum membeli sepeda motor bekas lewat skema kredit. Salah satunya adalah harganya akan jauh lebih mahal ketimban membeli secara tunai.

Karena itu, simak beberapa hal berikut ini sebelum Anda ingin memboyong motor bekas idaman dengan cara kredit;

Baca Juga: Cara Daftar MyPertamina untuk Beli Pertalite dan Solar Subsidi, Dibuka 1 Juli

Uang Muka

Banyak showroom motor bekas yang membanderol harga kredit lebih murah dibandingkan bila kamu membelinya secara tunai. Namun, banyak pula yang tidak menjelaskan bahwa harga kredit tertera tidak mencakup uang muka atau down payment (DP).

Misalnya untuk Honda BeAT bekas dibanderol seharga Rp 14 juta. Sedangkan bila dibeli secara kredit harganya hanya Rp 13,7 juta.  Padahal, nantinya pembeli tetap diharuskan membayar DP sebesar Rp 300.000, sehingga nilai jualnya sama saja.

Baca Juga: Inilah Pilihan Harga Motor Sport Bekas di Bawah Rp 20 Jutaan Saja

Bunga Angsuran

Selayaknya kredit, tentunya angsuran cicilan akan dikenakan bunga sebagai marjin bagi perusahaan leasing mendapatkan keuntungan dari pembiayaan.

Jadi, jika Anda membeli motor bekas dengan kredit dalam jangka waktu tertentu, maka dapat dipastikan harganya akan jauh lebih tinggi ketimbang membelinya dengan tunai.

Pasalnya selain DP, nantinya kreditmu akan dikenakan bunga angsuran yang rate-nya tergantung dari besaran DP dan tenor kredit. Sebagai contoh bila kamu membeli Honda BeAT di harga kredit Rp 16 juta dengan DP Rp 1,6 juta, tenor 12 bulan dan cicilan Rp 1.544.000 per bulannya maka jumlah yang dibayarkan akan lebih tinggi ketimbang jika dibeli tunai.

Baca Juga: Cek Harga Motor Bekas Honda BeAT Deluxe Varian Tahun Muda per Juni 2022

Tidak Ada Asuransi

Berbeda dengan membeli motor baru secara kredit, maka perusahaan leasing akan memberikan asuransi selama kredit apabila motor tersebut hilang. Nah perlindungan semacam ini tidak akan kamu dapatkan kalau membeli kredit motor bekas, tidak ada jaminan kehilangan motor.

Proses balik nama kepemilikan

Sebelum membeli motor bekas, Anda harus memahami bahwa motor tersebut sebelumnya sudah teregistrasi atas nama orang lain. Kamu harus mengurus pergantian nama dan dokumen kepemilikan motor tersebut. Berbeda bila membeli motor baru yang semua proses pengurusannya dilakukan dealer.

Itu sebabnya, untuk motor bekas kamu perlu mengubah nama pada BPKB dan STNK motor tersebut. Pengubahan nama pada motor bekas juga harus mengeluarkan biaya lho. Kendati tidak sebesar motor baru tetapi Anda perlu pikirkan juga.

Baca Juga: Pilihan bagi Pencari Skutik, Ini Harga Motor Bekas Yamaha Lexi Generasi Pertama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News