HOME, Bugar

Simak, Ini Penyebab Kamu Mudah Pusing dan Capek

Simak, Ini Penyebab Kamu Mudah Pusing dan Capek

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Bila kalian selama ini mengeluh mudah pusing dan mudah capek, padahal aktivitas yang dilakukan bukan merupakan aktivitas yang berat, sepertinya kalian harus segera mengkonsumsi air putih lebih banyak.

Pasalnya, air putih merupakan asupan yang sangat penting untuk menjaga fungsi otak dan menunjang kinerja organ tubuh lainnya. Seperti yang kalian tahu bahwa 60% - 70% tubuh manusia terdiri dari air.

Menurut EatThis yang dikutip Kompas.com, rata-rata orang dewasa memerlukan minum air putih sebanyak 8-9 gelas per harinya.

Efeknya bila kita kekurangan minum air putih akan menyebabkan beberapa gejala yang lazim kita rasakan diantaranya;

Mudah pusing

Kekurangan minum air putih membuat tubuh megalami dehidrasi, kondisi tersebut merupakan salah satu penyebab terjadinya pusing.

Sakit kepala akibat dehidrasi berupa sensasi tumpul atau migran di bagian depan, belakang, samping atau di seluruh bagian kepala.

Susah BAB

Minum air putih atau air mineral yang cukup menjadi cara alami untuk mengatasi masalah buang air besar (BAB), lho. Bila Anda saat ini masih mengalami sembelit cobalah untuk meminum 8 gelas dan mengkonsumsi makanan kaya serat

Kulit kering

Kondisi dehidrasi juga membuat kulit anda menjadi kusam, karena itu meminum air putih bisa mengembalikan kelembapan kulit.

Jadi tidak perlu buru-buru beli skin care mahal ya, kulit kamu bisa bagus kok dengan mengkonsumsi air putih yang cukup.

Mudah capek

Kekurangan cairan tubuh bisa memyebabkan tingkat energi menjadi rendah, hal ini yang membuat kalian sering merasakan mudah capek.

Jaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik agar tubuh kamu tetap bugar dan energimu kembali ya.

Nyeri otot

Minum air putih terbukti bisa meringankan kerja keras tubuh dan otot, selain mengurangi nyeri otot dan mengganti cairan tubuh yang keluar melalui keringat, meminum air putih juga bisa membantu kalian mendapatkan otot yang besar

Sulit konsentrasi

Mengkonsumsi air putih yang cukup bisa mempertahankan fungsi kognitif sehingga konsentrasi kita akan tetap terjaga.

Beberapa penelitian menyebut mengkonsumsi air putih 1-2 gelas ketika belajar dapat meningkatkan performa siswa dalam memperkuat daya tangkap visual dan memori mereka, lho.

Warna air seni menjadi gelap

Warna air seni bervariasi mulai dari gelap hingga jernih. Perbedaan ini disebabkan warna pigmen urine yang disebut urokrom atau urobilin.

Bila urobilin ini gelap artinya tubuh kekurangan cairan dan anda harus minum, warna air seni yang sehat akan berwarna jernih hingga kuning muda menandakan tubuh terhidrasi dengan baik.

Sudah paham kan mengenai pentinganya minum air putih setiap hari. Dengan mengkonsumsi 8 gelas air putih setiap harinya, diharapkan tubuh terhidrasi dengan baik dan keluhan-keluhan diatas bisa segera hilang ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News