HOME, Keluarga

Simak, Ini Makna dari Warna-Warna Sejuk untuk Interior Rumah

Simak, Ini Makna dari Warna-Warna Sejuk untuk Interior Rumah

MOMSMONEY.ID - Di antara pilihan warna cat rumah yang tersedia di pasaran, warna-warna sejuk seperti hijau, biru, dan ungu merupakan warna yang cukup banyak digemari.

Selain memberikan kesan sejuk dan adem, warna-warna seperti ini juga disukai karena menampilkan kesan ruangan yang tenang dan kalem, sehingga cocok dengan fungsi rumah sebagai tempat beristirahat.

Walaupun sama-sama dapat memberikan kesan sejuk, warna hijau, biru, dan ungu sebenarnya memiliki arti dan maknanya sendiri-sendiri. Penasaran apa saja arti dari masing-masing warna tersebut?

Dilansir dari My Move, berikut penjelasan mengenai arti di balik warna sejuk untuk interior rumah.

Baca Juga: 4 Inspirasi Kamar Mandi Warna Hijau yang Segar dan Nyaman

Hijau

Warna hijau yang identik dengan warna alam memang lekat dengan kesan segar dan menenangkan. Warna ini dapat membantu mengurangi stres, menyegarkan pikiran, dan membuat Anda merasa nyaman di dalam ruangan.

Karena efeknya tersebut, warna ini cocok digunakan pada kamar tidur. Anda juga bisa menggunakan warna hijau pada ruang keluarga dan dapur untuk kesan segar yang nyaman. Pilihlah variasi warna hijau kesukaan Anda, misalnya warna hijau zamrud atau hijau pastel.

Biru

Sepertinya sudah bukan rahasia lagi bila warna biru identik dengan kesan sejuk dan kalem. Selain dapat memberikan kedua kesan tersebut, warna biru disebut dapat membantu menurunkan tekanan darah, melambatkan pernapasan, dan mengurangi detak jantung sehingga Anda merasa rileks.

Jadi, Anda bisa menggunakan warna biru pada ruangan yang bersifat santai dan tenang, misalnya kamar mandi atau kamar tidur. Anda juga bisa menggunakan warna biru yang lembut untuk kesan rileks di ruang keluarga dan dapur. Hindari warna biru pada ruang makan karena dapat menurunkan selera makan Anda.

Ungu

Warna ungu yang merupakan campuran warna biru dan merah ini umumnya identik dengan kesan mewah dan elegan yang manis. Variasi warna ungu yang berbeda dapat menghadirkan kesan ruangan yang berbeda pula. Misalnya, warna ungu gelap dapat memberi kesan mewah dan elegan, sementara warna ungu muda seperti lavender atau lilac cenderung memberi kesan rileks.

Anda bisa menggunakan warna ungu pada kamar tidur untuk kesan rileks yang nyaman. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan warna ini pada kamar mandi, dapur, dan ruang makan. Cukup mainkan variasi gelap-terang dari warna ungu untuk mendapatkan warna yang tepat untuk ruangan di rumah Anda.

Nah, itulah makna dari warna-warna sejuk seperti hijau, biru, dan ungu pada interior rumah Anda. Bagaimana, sekarang sudah lebih paham kan soal perbedaan antara ketiga warna tersebut? Adakah warna yang ingin Anda coba untuk interior rumah?

Selanjutnya: Ide Penggunaan Wallpaper Warna Ungu yang Manis dan Elegan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News