HOME, Keluarga

Simak, Ini Kegunaan Decking Kayu untuk Eksterior Rumah

Simak, Ini Kegunaan Decking Kayu untuk Eksterior Rumah

MOMSMONEY.ID - Tampilan luar atau eksterior rumah perlu didesain dengan baik supaya dapat memberi kesan pertama yang apik bagi siapa saja yang melihat rumah Anda.

Nah, salah satu cara untuk mempercantik eksterior rumah Anda adalah dengan menambahkan decking kayu. Karena terbuat dari kayu, komponen ini bisa terlihat menyatu dengan eksterior rumah Anda.

Ingin tahu lebih lanjut soal decking kayu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Tips Menata Taman yang Kecil Supaya Tampak Menawan

Apa Itu Decking?

Dilansir dari This Old House, decking adalah suatu struktur yang disusun dari papan-papan kayu.

Decking kayu biasanya digunakan untuk menutup permukaan lantai rumah di luar ruangan, sehingga orang biasanya menyebut decking kayu sebagai lantai kayu outdoor.

Tak hanya di lantai, decking kayu juga bisa digunakan untuk menutup atau melapisi tembok di dalam ruangan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, decking kayu akan menambah estetika dari eksterior rumah. Karena terbuat dari kayu, decking ini akan terlihat cantik dan membaur dengan halaman rumah yang penuh dengan tanaman.

Kegunaan Decking

Decking kayu sendiri adalah komponen yang cukup fleksibel. Artinya, penggunaan decking kayu sangat luas.

Berikut beberapa pemanfaatan decking kayu:

  • Teras rumah
  • Gazebo
  • Pagar rumah
  • Tepian kolam renang
  • Stepping taman
  • Pelapis dinding

Baca Juga: Tak Hanya Cantik, Ini 5 Keuntungan Punya Kolam Ikan di Rumah!

Jenis-Jenis Kayu untuk Decking Outdoor

Dikutip dari Courtina, jenis kayu yang digunakan untuk decking outdoor adalah kayu solid atau hardwood karena sifatnya yang kuat dan tahan terhadap cuaca. Selain itu, kayu untuk decking juga harus mampu menahan serangan jamur dan hama.

Berikut beberapa jenis kayu yang cocok dijadikan decking outdoor:

Kayu bengkirai. Kayu ini merupakan jenis kayu yang kuat dan tahan lama serta mudah untuk diolah, misalnya dipotong, diserut, atau diukir. Kayu ini memiliki tekstur yang sedikit kasar dengan warna kuning kecoklatan.

Kayu merbau. Kayu merbau memiliki ciri khas berupa warnanya yang merah kecoklatan, sehingga akan terlihat cantik jika dijadikan decking. Walaupun kualitasnya tinggi, sebaiknya decking berbahan kayu ini tidak ditempatkan di area yang sering terkena air karena akan mengeluarkan getah yang mengurangi tampilannya.

Kayu ulin. Kayu yang dijuluki kayu besi ini memiliki tingkat kekerasan yang tinggi, sehingga cocok dijadikan decking. Kayu ini biasanya digunakan sebagai decking pada tepian kolam renang karena sifatnya yang semakin kuat jika sering terkena air.

Itulah serba-serbi decking kayu outdoor yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, tertarik menggunakannya di bagian eksterior rumah Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News