HOME, Bugar

Simak! Ini 4 Makanan yang Mengandung Beta Karoten Tertinggi, Pencegah Kerusakan Kulit

Simak! Ini 4 Makanan yang Mengandung Beta Karoten Tertinggi, Pencegah Kerusakan Kulit

MOMSMONEY.ID - Beta Karoten merupakan pigmen yang menghasilkan warna merah dan oranye pada buah dan sayur. Menurut Medical News Today, nama Beta Karoten berasal dari bahasa Yunani & bahasa Latin yang merujuk pada penamaan wortel.

Selain berfungsi sebagai pewarna/pigmen, Beta Karoten ini sebenarnya merupakan antioksidan kuat yang memiliki berbagai fungsi yang dirangkum dari Healthline dan Web Md, diantaranya:

  • Mencegah radikal bebas
  • Memperbaiki kulit dari segala bentuk kerusakan
  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  • Mencegah penuaan dini
  • Mengurangi risiko kanker
  • Memperbaiki kerusakan sel tubuh
  • Menajamkan indera penglihatan

Baca Juga: Promo Hokben Senin Homat, Diskon 17% Bayar Rp 40.000-an Spesial 23 Agustus 2021

Beta Karoten itu sendiri diukur dalam satuan bernama mikrogram (μg). Nah, berikut ini 4 makanan yang mengandung Beta Karoten paling tinggi dibandingkan makanan lainnya, dilansir dari My Food Data.

Ubi Jalar

Ubi jalar

Dalam 100 gram Ubi Jalar, terdapat kandungan 11.509 mikrogram. Angka ini jelas jauh lebih tinggi dibandingkan kandungan Beta Karoten pada wortel yang hanya mengandung 8.332 mikrogram saja per 100 gramnya.

Wortel

Wortel memang mengandung 8.332 mikrogram saja per 100 gramnya, tapi yang unik adalah bahwa kandungan Beta Karoten pada wortel per 200 kalorinya ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan ubi, loh!

Kandungan Beta Karoten pada wortel per 200 kalorinya mengandung 47,611 mikrogram (μg), sedangkan pada ubi per 200 kalorinya hanya mengandung 25.576 μg saja.

Baca Juga: Promo PPKM Richeese Factory Agustus 2021, 5 Ayam 3 Nasi & 3 Minuman Mulai Rp 113.636

Bayam

Per 100 gramnya, bayam memiliki Beta Karoten sebanyak 6.288 mikrogram, sedangkan per 200 kalorinya memiliki kandungan sebanyak 54.678 mikrogram.

Baiknya, bayam ini termasuk sayur-sayuran yang kaya akan kandungan air. bayam memiliki 93% kandungan air di dalamnya.

Selain itu, dalam bayam yang telah dimasak matang mengandung vitamin K sebesar 888,5 μg, serta vitamin A sebesar 943,2 μg yang mana angka tersebut sangat tinggi untuk nilai harian gizi.

Blewah

Blewah

Blewah adalah salah satu buah yang selalu ada di dalam makanan Sup Buah. Blewah mengandung 2.020 mikrogram Beta Karoten, mengalahkan Brokoli yang hanya mengandung 929 mikrogram saja.

Blewah juga mengandung 65 mg vitamin C yang setara dengan 72% pemenuhan gizi harian untuk tubuh. Selain bisa meningkatkan ketajaman mata karena kandungan Beta Karotennya, blewah juga mampu mencegah flu dan batuk karena kandungan vitamin C nya yang tinggi.

Selanjutnya: Promo Pizza Hut Agustus 2021, Pizza Merah Putih Spesial Agustus Cuma Rp 109 Ribu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News