Keluarga

Simak, Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Renovasi Kamar Mandi!

Simak, Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Renovasi Kamar Mandi!

MOMSMONEY.ID - Merenovasi rumah merupakan salah satu cara yang biasa ditempuh untuk memperbarui atau meng-update tampilan hunian.

Ketika merenovasi rumah, Anda bisa memilih untuk memperbarui seluruh tampilan rumah atau sekadar mengubah area tertentu, misalnya kamar mandi.

Nah, karena bertujuan untuk memperbarui tampilan, renovasi kamar mandi tentu tidak boleh dilakukan sembarangan. Faktanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya kamar mandi yang direnovasi terasa makin nyaman digunakan.

Dirangkum dari The Spruce, Amber Tiles, dan MyMove, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat merenovasi kamar mandi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warna Eksterior Rumah yang Menenangkan

Pastikan ada ventilasi

Kamar mandi termasuk area di rumah yang sangat rentan lembap karena selalu bersinggungan dengan air. Oleh karena itu, ventilasi yang baik menjadi hal yang wajib ada untuk membantu menjaga kadar kelembapan udara di kamar mandi.

Jika kamar mandi Anda sebelumnya terasa lembap, pengap, dan mudah berjamur, manfaatkan proses renovasi untuk menambahkan ventilasi, baik melalui jendela maupun exhaust fan.

Optimalkan pencahayaan

Selain ventilasi, pencahayaan alami merupakan faktor yang harus ada untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penghuni rumah saat menggunakan kamar mandi.

Anda bisa memilih untuk menambahkan jendela atau skylight untuk mengoptimalkan pencahayaan alami di kamar mandi. Atau, pasang lampu dengan pencahayaan yang tidak terlalu menyilaukan sehingga tetap nyaman di mata.

Baca Juga: 4 Cara Mewujudkan Dapur Bernuansa Minimalis, Ternyata Mudah!

Pertimbangkan kemudahan akses

Anda dapat memanfaatkan momen renovasi untuk menambahkan beberapa fitur untuk memudahkan akses kamar mandi, khususnya jika rumah Anda dihuni oleh lansia, orang dengan disabilitas, atau orang yang sedang sakit.

Beberapa fitur aksesibilitas yang bisa ditambahkan ke kamar mandi antara lain railing atau pegangan di sepanjang dinding kamar mandi hingga meminimalisir undakan yang tidak perlu.

Jangan lupakan detail kecil

Terakhir, jangan lupakan berbagai detail kecil saat merenovasi kamar mandi, mulai dari bahan atau material yang akan digunakan, warna, hingga gaya interior kamar mandi Anda.

Mengapa penting? Sebab, detail-detail kecil tersebut akan sangat berpengaruh terhadap tampilan maupun fungsi kamar mandi.

Sebagai contoh, pilihlah material yang bisa menahan air dan kelembapan di dalam kamar mandi (misalnya keramik atau batu alam), serta pilih warna cat dan keramik yang nyaman dipandang, seperti warna netral.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merenovasi kamar mandi. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News