HOME, Keluarga

Simak, Hal-Hal Ini Dapat Menyebabkan Token Listrik Gagal Diisi

Simak, Hal-Hal Ini Dapat Menyebabkan Token Listrik Gagal Diisi

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda mengalami kegagalan dalam mengisi token listrik? Token listrik yang gagal diisi memang bukan merupakan hal yang asing bagi sebagian pengguna listrik prabayar.

Jika Anda sedang mengisi token dan mendapatkan notifikasi pengisian yang gagal, jangan panik dulu. Ada faktor-faktor tertentu yang menyebabkan Anda gagal mengisi token. Malah, seringkali kegagalan tersebut disebabkan oleh ketidaktelitian Anda sendiri.

Dilansir dari Tempo dan Fastpay, yuk simak artikel ini untuk mengetahui beberapa penyebab token listrik yang gagal diisi.

Baca Juga: Cara Mudah Mengisi Token Listrik di M-Banking dan ATM BCA

Server PLN error

Kemungkinan pertama yang menyebabkan Anda gagal mengisi token listrik adalah kesalahan dari pusat berupa server PLN yang sedang mengalami error.

Karena kesalahan tersebut berasal dari pusat, maka tidak ada yang bisa Anda lakukan. Cukup tunggu beberapa saat sebelum mengisi ulang token listrik Anda.

Salah memasukkan nomor meter saat membeli

Setiap pelanggan token listrik sudah memiliki nomor meteran dengan kombinasi digit yang berbeda-beda. Nomor inilah yang Anda masukkan saat akan melakukan pembelian token listrik.

Namun, jika Anda salah memasukkan nomor meter dan nomor tersebut dinyatakan valid, maka token listrik Anda tidak akan masuk ke ke tempat yang seharusnya.

Untuk menghindari hal tersebut, selalu periksa nomor meter yang Anda masukkan sebelum menuntaskan pembelian untuk memastikan nomor meter yang Anda masukkan sudah benar.

Baca Juga: Ada Gangguan Listrik di Rumah? Ini Cara Mengajukan Pengaduan ke PLN

Salah memasukkan ID token ke meteran

Saat membeli token, Anda akan mendapatkan kode unik berupa 20 digit angka yang harus dimasukkan ke meteran untuk mengaktifkan token listrik.

Hampir sama seperti poin di atas, kesalahan dalam memasukkan ID token dapat mengakibatkan token tidak masuk karena nomor ID token tidak terdeteksi.

Anda harus berhati-hati saat memasukkan nomor ID token ke meteran, karena meteran akan terblokir jika Anda salah memasukkan kode sebanyak 3 kali. Jika hal tersebut terjadi, segera hubungi petugas PLN terdekat atau hubungi di 123.

Batas meteran listrik overlimit

Jangan salah, meteran listrik juga memiliki batas pengisian, lo.

Pengisian daya atau kWh dalam meteran yang melebihi batas maksimal dapat menyebabkan meteran mengalami overlimit, sehingga token akan gagal diisi.

Untuk mencegahnya, pastikan Anda memahami batas atau limit saat melakukan pembelian token listrik. Jika meteran listrik mengalami overlimit, segera hubungi petugas PLN terdekat atau hubungi 123.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan token listrik gagal diisi. Intinya, Anda perlu teliti saat melakukan pembelian dan pengisian token listrik sehingga token yang sudah Anda beli dapat digunakan dengan baik.

Semoga artikel ini berguna bagi Anda!

Selanjutnya: Meteran Listrik Ada Tulisan Periksa, Apa Penyebabnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News