HOME, Bugar

Simak Cara Tidur Berkualitas Pada Malam Hari

Simak Cara Tidur Berkualitas Pada Malam Hari

MOMSMONEY.ID - Masih banyak dari kita yang belum menjalankan tidur berkualitas pada malam hari.

Padahal tidur berkualitas dapat mengembalikan energi, membuat tubuh anda lebih segar dan sehat, serta menjaga mood anda pada keesokan harinya.

Saat tertidur, otak akan membersihkan racun-racun tidak berguna yang terbentuk ketika kita berpikir seharian. 

Sekarang sudah mengertikan betapa pentingnya tidur untuk tubuh. 

Baca Juga: Tak Perlu ke Gym, Alat Rumah Tangga ini Bisa Dipakai Olahraga

Mari simak cara tidur berkualitas pada malam hari :

  • Menghindari alkohol dan kafein yang bisa menganggu tidur

Setelah makan siang, hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein. Kafein yang terdapat pada kopi atau teh terbukti dapat menyebabkan pola tidur terganggu.

Dua jam sebelum tidur hindari rokok dan minuman beralkohol. Rokok juga merupakan stimulan bagi pusat syaraf manusia yang membuat susah tidur.

  • Tidur di kamar yang nyaman

Buat suasana kamar menjadi nyaman seperti sprei kasur yang bersih dan mematikan atau meredupkan lampu kamar. Anda juga bisa menyalakan lilin aromaterapi.

  • Melakukan hal yang menenangkan sebelum tidur

Tenangkan pikiran dan mental Anda. Jangan terlalu banyak memikirkan masalah ketika menjelang tidur malam. Anda bisa mengisi kegiatan sebelum tidur dengan membaca atau melakukan latihan pernapasan. 

Baca Juga: Cara Meningkatkan Mood Lewat Hormon Bahagia saat Pandemi Covid-19

  • Mematikan alat-alat elektronik

Dering handphone membuat anda terbangun sehingga tanpa sadar memaikan handphone terus-menerus. Anda bisa mematikan ala-alat elekronik tersebut dan menjauhkan dari hadapan anda. 

  • Membuat dan mengikuti jadwal tidur harian

Jam tidur yang berantakan dapat mengganggu jam biologis Anda. Telat tidur bukan berarti Anda bisa bangun lebih siang. Awalnya memang sulit, namun jika pola tersebut sudah tertanam dengan baik pasti bisa dijalani.

  • Sediakan selalu waktu berolahraga

Tubuh yang selalu aktif secara fisik selain baik untuk kesehatan secara umum juga sangat membantu untuk memastikan tidur yang nyenyak di malam hari. Hindari berolahraga mendekati jam tidur karena akan menyulitkan tubuh untuk tertidur, karena tubuh masih dalam keadaan ‘bersemangat’atau belum rileks.

Begitulah, cara tidur berkualitas pada malam hari yang bisa anda terapkan. Tenangkan pikiran dan mental Anda, tetapkan waktu tidur yang teratur, pastikan tidur anda berkualitas. Jangan terlalu banyak memikirkan masalah ketika menjelang tidur malam. Selamat mencoba!

Selanjutnya: Jalan Santai Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News