Bugar

Simak Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering dan Mengembang

Simak Cara Merawat Rambut Keriting Agar Tidak Kering dan Mengembang

MOMSMONEY.ID - Apapun jenis rambut Anda, tentunya harus dirawat dengan tepat agar terlihat indah dan sehat. Pada rambut keriting cukup mendapatkan perhatian khusus karena jenis rambut ini mudah mengalami kekeringan dan mengembang. 

Namun Anda tidak perlu bingung untuk merawatnya, berikut cara merawat rambut keriting supaya tidak kering dan mengembang dilansir dari tresemme.com, yaitu:

1. Hindari Keramas Terlalu Sering

Cara merawat rambut keriting supaya tidak kering dan mengembang pertama adalah hindari keramas terlalu sering. Rambut keriting harus mengurangi frekuensi saat keramas agar tidak dapat mengurangi minyak alami rambut dan membuatnya semakin kering. 

2. Gunakan Sampo dan Kondisioner Khusus

Selanjutnya, gunakan produk sampo dan kondisioner yang diformulasikan khusus untuk merawar rambut kering dan susah diatur. Dengan menggunakan produk yang tepat, rambut keriting bisa terhindar dari keriting dan mengembang.

3. Gunakan Kondisioner

Cara merawat rambut keriting selanjutnya adalah gunakan kondisoner setelah keramas. Kondisoner sangat disarankan untuk digunakan oleh pemilik rambut kering dan susah diatur. . Penggunaan kondisioner setiap habis keramas dapat membantu melembapkan rambut kering Anda dan menjadikan rambut yang mengembang lebih mudah diatur.

Baca Juga: 4 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari agar Kulit Tetap Sehat

4. Kurangi Penggunaan Alat Pemanas Rambut

Cara merawat rambut keriting supaya tidak kering dan keramas adalah kurangi penggunaan alat pemanas rambut. Alat styling seperti catokan atau hair dryer akan mengeluarkan suhu panas.

Hal itulah yang menyebabkan rambut bisa kering dan kusut. Sebaiknya keringkan rambut secara alami saja, hindari dulu penggunaan alat-alat pemanas rambut agar kelembapan rambut bisa kembali. 

5. Gunakan Sisir Kayu yang Bergigi Jarang

Selanjutnya, gunakan sisir kayu yang bergigi jarang untuk merawat rambut keriting. Penggunaan sisir plastik akan menghasilkan listrik statis yang akan membuat rambut jadi lebih rapuh dan kusut.

Solusi terbaik untuk pemilik rambut keriting adalah mengganti sisir plastik dengan sisir kayu karena tidak menghasilkan listrik statis. Selain itu, pilih sisir yang bergigi jarang. Penggunaan sisir dengan gigi yang rapat hanya akan membuat rambut keriting jadi semakin kusut dan rapuh.

6. Pakai Handuk Berbahan Halus

Menggunakan handuk berbahan halus merupakan salah satu cara merawat rambut keriting. Ternyata handuk bisa memberikan pengaruh besar untuk rambut kering dan mengembang. Apabila Anda memakai handuk yang kasar, rambut akan jadi semakin mengembang dan sulit diatur.

Ganti handuk rambut dengan handuk berbahan halus. Ketika Anda memakainya untuk mengeringkan rambut, usahakan untuk mengurangi kebiasaan menggosok rambut. Tepuk-tepuk saja handuk tersebut di rambut Anda agar kondisi rambut tidak semakin mengembang.

7. Oleskan Vitamin Rambut 

Cara merawat rambut keriting supaya tidak kering dan mengembang lainnya adalah pakailah vitamin rambut secara rutin. Pilih vitamin rambut yang mengandung protein agar rambut Anda jadi lebih lembap dan lembut. Pakailah vitamin rambut tersebut sesuai dengan aturan pemakaian yang tertera di kemasannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News