Bugar

Simak Cara Eksfoliasi Kulit Wajah yang Benar Sesuai Jenis Kulit, Gimana?

 Simak Cara Eksfoliasi Kulit Wajah yang Benar Sesuai Jenis Kulit, Gimana?

MOMSMONEY.ID - Jangan asal eksfoliasi wajah, inilah cara eksfoliasi kulit wajah yang benar sesuai jenis kulit dimiliki. Eksfoliasi berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati, sehingga kulit wajah bisa menumbuhkan sel kulit baru. 

Anda pun akan mendapatkan kulit yang sehat dan kenyal. Namun, jangan asal melakukan eksfoliasi wajah. Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting.

Untuk lebih jelasnya, simak cara eksfoliasi kulit wajah yang sesuai jenis kulit dilansir dari blog.avoskinbeauty.com

1. Kulit Normal dan Kombinasi

Cara eksfoliasi untuk kulit normal dan kombinasi bisa menggunakan glycolic acid. Karena di antara semua produk AHA, glycolic acid memiliki bentuk molekul yang paling kecil.

Hal ini berarti zat glycolic acid lebih mudah diserap oleh kulit dan bekerja lebih cepat dari zat asam lainnya. Selain itu, glycolic acid bisa memperbaiki warna kulit yang tidak merata, memudarkan bekas jerawat dan garis halus, serta mengecilkan pori-pori kulit.

2. Kulit Kering dan Sensitif

Jika Anda memiliki kulit yang cenderung kering dan sensitif, Anda bisa menggunakan lactic acid. Lactic acid ini termasuk kandungan yang paling ringan dan lembut di antara zat AHA lainnya.

Selain itu, lactic acid ini juga bersifat lebih melembapkan dibandingkan glycolic acid. Kandungan ini melembabkan sekaligus membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat sehingga membuat kulit lebih cerah dan lembut.

Baca Juga: Harus Tahu! Inilah 5 Manfaat Minum Air Putih Hangat untuk Wajah

3. Kulit Berminyak dan Rentan Berjerawat

Cara eksfoliasi untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat akan lebih cocok menggunakan salicylic acid. Hal ini dikarenakan zat BHA bersifat anti radang dan anti bakteri.

Kandungan salicylic acid termasuk sebagai karbohidrat kompleks ini dapat menghilangkan lapisan keratin di luar kulit. Kandungan ini juga dapat membersihkan pori kulit hingga lapisan terdalam.

Pada kulit normal atau berminyak sebaiknya melakukan eksfoliasi sebanyak 1-3 kali seminggu. Jika jenis eksfoliasi kimia yang dilakukan bersifat lembut atau terbuat dari ekstrak natural, Anda cukup menggunakan 1-3 kali seminggu tidak perlu setiap hari.

Namun, untuk produk eksfoliasi kimia yang kuat, Anda hanya perlu menggunakan produk eksfoliasi seminggu sekali. Pada kulit sensitif, Anda cukup melakukan eksfoliasi seminggu sekali dengan kandungan zat yang ringan dan lembut untuk kulit.

Jadi, itulah cara eksfoliasi kulit wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Dapatkan kulit sehat, lembab dan kenyal dengan melakukan eksfoliasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News