HOME, Keluarga

Simak 5 Tanda Eksfoliasi Wajah Berlebihan Supaya Kulit Tidak Menjadi Rusak

Simak 5 Tanda Eksfoliasi Wajah Berlebihan Supaya Kulit Tidak Menjadi Rusak

MOMSMONEY.ID - Eksfoliasi atau pengelupasan kulit terdiri dari 2 jenis yaitu physical dan chemical. Jika chemical exfoliation dilakukan menggunakan produk yang lembut dengan konsentrasi asam yang rendah, maka physical exfoliation dilakukan menggunakan produk dengan tekstur cenderung kasar ketika disentuh contohnya scrub.

Meski lebih abrasif dibandingkan chemical exfoliation, namun physical exfoliation masih diandalkan oleh banyak orang untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Hal ini dikarenakan physical exfoliation dinilai lebih mantap untuk menciptakan rasa bersih pada wajah sesaat setelah dilakukan.

Tak jarang, orang-orang terlalu bersemangat ketika mengeksfoliasi wajah mereka menggunakan scrub tanpa menyadari bahwa hal tersebut justru dapat merugikan kulit. Memang, apa saja sih yang menjadi tolak ukur seseorang telah melakukan eksfoliasi berlebihan? Melansir BeBeautiful, inilah 5 di antaranya:

Baca Juga: Rambut Ternutrisi! Ketahui 5 Manfaat Minyak Kemiri untuk Perawatan Rambut

1. Kulit tampak berkilau

Kulit justru akan tampak berkilau ketika Anda berlebihan dalam melakukan eksfoliasi wajah dengan menggunakan scrub. Cahaya yang memantul dengan mudah dari kulit Anda menandakan bahwa kulit telah kehilangan lapisan alaminya akibat terlalu keras Anda gosok.

Sering kali, produk scrub eksfoliasi juga mengandung asam dan retinol yang apabila digunakan secara berlebihan dapat menyebabkan kulit mengalami kerusakan.

2. Wajah terlihat bengkak

Eksfoliasi yang dilakukan secara berlebihan berisiko menyebabkan peradangan pada kulit. Dan, meskipun produk scrub dapat membantu kulit untuk melepaskan sel-selnya yang sudah mati, namun penghalang lipid alami kulit tetap akan rusak apabila eksfoliasi dilakukan secara berlebihan.

Ketika penghalang lipid alami kulit rusak, maka kulit pun akan rentan mengalami bengkak.

3. Muncul jerawat

Pada dasarnya, kegiatan menggosok kulit wajah yang dilakukan secara berlebihan dapat merampas minyak alami pada kulit Anda. Untuk mengimbangi efek tersebut, kulit pun akan mulai memproduksi lebih banyak minyak yang dapat menyebabkan komedo dan jerawat.

Jadi, jika Anda benar-benar tidak menginginkan jerawat hinggap pada wajah mulus Anda, pastikan untuk melakukan eksfoliasi secara lembut sebanyak 1-2 kali saja dalam seminggu.

4. Kulit terkelupas

Eksfoliasi berlebihan akan menyebabkan kulit menjadi agak sensitif. Pada saat ini terjadi, kulit pun akan kehilangan kemampuannya untuk menahan air.

Pasalnya, tekstur scrub yang kasar dapat mengelupas kulit dari waktu ke waktu sehingga akan menjadikannya semakin sensitif.

5. Kulit terbakar

Jika Anda merasakan sensasi kesemutan atau terbakar setiap kali Anda menggunakan pelembab harian, kemungkinan besar epidermis kulit Anda telah terganggu akibat eksfoliasi berlebihan yang sudah Anda lakukan.

Selain itu, eksfoliasi yang dilakukan secara berlebihan juga akan membuat kulit kehilangan pelindungnya lho.

Nah, jika Anda sudah nyaman menggunakan scrub untuk eksfoliasi, alangkah baiknya Anda segera mengaplikasikan produk pelembab dengan formula calming setelah melakukan eksfoliasi. Selain untuk mengembalikan kelembaban, hal ini juga dilakukan untuk menenangkan kulit Anda yang marah usai Anda gosok-gosok menggunakan produk yang kasar.

Selanjutnya: 5 Kandungan Skincare Ini Dapat Melindungi Kulit dari Paparan Polusi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News