HOME, Keluarga

Simak, 5 Peran Penting Probiotik dalam Produk Skincare!

Simak, 5 Peran Penting Probiotik dalam Produk Skincare!

MOMSMONEY.ID - Saat ini, berbagai bahan aktif seperti niacinamide, retinol, AHA dan BHA, sudah tren digunakan dalam produk perawatan kulit atawa skincare. Namun, ada kandungan bahan lainnya di dalam skincare yang tergolong bagus, tapi masih jarang disorot para pecinta skincare, seperti probiotik.

Meskipun lebih banyak dijumpai dalam makanan misalnya yogurt, siapa sangka bahwa probiotik juga dapat dijadikan sebagai campuran skincare. Dilansir dari Wikipedia, probiotik adalah istilah yang digunakan untuk mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain.

Probiotik bisa Moms jumpai dalam berbagai merek skincare seperti NPure Noni Probiotics Series. Nah, berikut ini fakta yang perlu diketahui seputar kandungan probiotik dalam produk skincare, sebagaimana dilansir dari Allwomenstalk.

Baca Juga: Dijamin Booming! Ini Dia Tren Konten yang Akan Penuhi Instagram di 2022

Dibuat berdasarkan penelitian

Tidak seperti tren skincare kebanyakan, probiotik yang digunakan dalam suatu produk perawatan kulit telah dipelajari dan didukung oleh sains. Probiotik dalam produk skincare dapat mengirim sinyal ke kulit untuk menghentikan gejala dan masalah tertentu.

Baik untuk masalah kulit tertentu

Menurut American Academy of Dermatology, orang-orang yang memiliki rosacea atau jerawat telah menunjukkan perbaikan kondisi usai mengonsumsi suplemen probiotik. Para ilmuwan merasa bahwa jika probiotik saja mampu bekerja ketika dikonsumsi secara oral, maka kemungkinan besar probiotik juga akan bekerja ketika ditambahkan secara langsung ke dalam produk perawatan kulit yang digunakan oleh orang dengan kondisi rosacea atau berjerawat.

Bahkan, ada juga bukti yang menunjukkan bahwa probiotik dapat melawan tanda-tanda penuaan dan meringankan gejala eksim.

Memiliki kemampuan menenangkan

Tidak hanya dapat menjinakkan peradangan yang berhubungan dengan masalah pencernaan dan perut, probiotik juga diklaim dapat mengurangi peradangan pada kulit, kata para ahli di American Academy of Dermatology.

Dermatologist mengatakan bahwa ketika probiotik dioleskan secara langsung ke kulit dalam bentuk skincare, itu dapat menenangkan dan mengurangi kemerahan serta gejala lainnya yang terkait dengan peradangan kulit.

Bertindak sebagai barrier

Menurut dermatologist di Mt. Sinai Medical Center, probiotik dalam produk perawatan kulit mampu memberikan barrier atau penghalang alami pada kulit yang berguna untuk mencegah masuknya bakteri dan materi buruk lainnya.

Dikarenakan kulit adalah organ terbesar tubuh, maka tidak heran jika kulit akan memberikan banyak akses masuk bagi bakteri dan kuman. Akibatnya, eksaserbasi kondisi kulit, infeksi, dan komplikasi lainnya pun dapat terjadi. Nah, dengan menutupi kulit menggunakan probiotik, Anda akan terbantu untuk melawan bakteri sekaligus menjaga kesehatan kulit.

Memiliki sifat antimikroba

Probiotik dalam produk skincare tidak hanya dapat melawan bakteri, tetapi juga membunuhnya sehingga mampu mengakhiri kemungkinan terjadinya masalah pada kulit. Menurut American Academy of Dermatology, probiotik adalah antimikroba yang pada dasarnya dapat menusuk bakteri yang bersentuhan dengan kulit sekaligus membunuhnya.

Moms, itulah 5 hal yang perlu Anda ketahui seputar probiotik dalam produk skincare. Meskipun mudah ditemukan, pastikan Anda tidak sembarangan dalam menggunakan produk skincare jika memiliki kondisi kulit tertentu. Ada baiknya, Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda terkait penggunaan produk skincare yang mengandung probiotik atau bahan-bahan lainnya yang kurang Anda ketahui, ya Moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News