Bugar

Simak 5 Penyebab Wajah Kusam, Kulit Kering Sampai Kebiasaan Merokok

Simak 5 Penyebab Wajah Kusam, Kulit Kering Sampai Kebiasaan Merokok

MOMSMONEY.ID - Masalah kulit wajah kusam bisa dialami oleh siapa saja. Wajah kusam membuat tampilan wajah jadi kurang menarik. Sebelum merawatnya, Anda perlu tahu penyebab-penyebab wajah kusam. Melansir dari jovee.id, simak penjelasannya di bawah ini : 

1. Merokok

Penyebab wajah kusam salah satunya kebiasaan merokok. Menurut studi di tahun 2010 menemukan bahwa merokok merupakan faktor lingkungan luar yang berkontribusi terhadap menurunnya kesehatan kulit.

Merokok dapat merusak produksi kolagen dan menurunkan serat elastis serta jaringan ikat di kulit. Hal ini juga meningkatkan stres oksidatif dalam sel-sel kulit yang mempercepat proses penuaan dan kulit yang tampak kusam.

Baca Juga: Promo Tiket.com hingga 4 Juni 2023, Nikmati Diskon To Do sampai Rp 300.000

2. Dehidrasi

Penyebab wajah kusam selanjutnya adalah dehidrasi. Kurangnya cairan dalam tubuh bisa berdampak signifikan pada penampilan kulit.

Faktanya, menurut studi di tahun 2015 menemukan kaitan yang kuat antara minum cukup air dan kulit yang sehat serta bercahaya.

Minum banyak air dapat membantu meningkatkan hidrasi di bawah permukaan kulit. Selain itu, menggunakan serum wajah yang menghidrasi dapat membantu mengikat kelembapan di lapisan atas kulit.

3. Kandungan skincare yang tidak cocok

Kemudian, kandungan skincare yang tidak cocok juga bisa menyebabkan kulit kusam. 

Ada beberapa kandungan skincare yang bisa membuat kulit menjadi kusam, misalnya kandungan di dalam chemical sunscreen atau skincare yang mengandung bahan aktif hormonal, seperti oxybenzone, dapat menyebabkan penggelapan kulit secara hormonal.

Hentikan penggunaan produk tersebut dan ganti dengan produk skincare yang lain atau konsultasikan dengan dokter kulit.

Baca Juga: 5 Cara Mencerahkan Kulit dengan Produk Skincare yang Benar

4. Penumpukan sel-sel kulit mati

Penyebab wajah kusam berikutnya adalah penumpukan sel-sel kulit mati. Tak peduli seberapa mahal dan berkualitasnya produk skincare yang digunakan, jika kulit wajah jarang dieksfoliasi maka sel-sel kulit mati yang menumpuk akan menghalangi penyerapan bahan skincare ke wajah.

Berharap kulit menjadi sehat, sel-sel kulit mati yang menumpuk justru membuat kulit menjadi kering, kusam, bersisik, dan warna kulit yang tidak merata.

5. Kulit kering

Penyebab wajah kusam lainnya adalah kulit kering. Bisa jadi skincare yang Anda gunakan tidak cukup melembapkan kulit dan malah membuat kulit Anda menjadi kering.

Kulit kering akan membuat tampilan kulit menjadi kusam dan tidak segar. Semakin bertambah usia, Anda akan berhadapan dengan risiko kulit yang semakin kering. Oleh karena itulah, sebaiknya pilih moisturizer yang cukup melembapkan dan menghidrasi kulit.

Jadi, Anda sudah tahu beberapa penyebab wajah kusam. Rawat kesehatan kulit dengan menggunakan produk skincare yang tepat, mengonsumsi makanan sehat dan melakukan kegiatan baik untuk kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News