HOME, Bugar

Simak 5 Manfaat Air Rebusan Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Simak 5 Manfaat Air Rebusan Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Tak banyak orang yang tahu kalau air rebusan kunyit ternyata bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Ini karena kandungan antiinflamasi, antibakteri, antivirus, dan antioksidan di dalam kunyit.

Tak hanya itu, rempah yang banyak dipakai untuk menguatkan rasa dan warna alami pada masakan satu ini, juga membantu mengatur fungsi dari sel kekebalan dalam melawan penyakit kanker.

Selain air rebusan kunyit juga bisa dipakai untuk menguatkan rasa dan pewarna alami pada masakan. Air rebusankunyit ternyata juga punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Baca Juga: Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mencegah Kanker

Dilansir dari Healthline, inilah beberapa manfaat air rebusan kunyit untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Melindungi organ hati

Manfaat air rebusan kunyit untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah melindungi organ hati. Kunyit juga membantu melindungi dan menjaga kesehatan organ hati.

Potensi khasiat kunyit pada organ hati dan empedu termasuk membantu meningkatkan produksi cairan empedu pada pencernaan. 

Manfaatnya lainnya sekaligus membantu melindungi sel pada organ hati dari risiko kerusakan akibat paparan senyawa kimia yang berkaitan dengan empedu. 

2. Merawat dan menjaga kesehatan paru

Manfaat air rebusan kunyit untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah merawat dan menjaga kesehatan paru. 

Sifat antioksidan dan antiinflamasi pada kunyit juga diyakini dapat membantu mengurangi gejala yang berkaitan dengan masalah kesehatan paru kronis atau jangka panjang.

Meski masih terbatas, bukti klinis telah menunjukkan bahwa kunyit efektif sebagai obat penyakit asma, kanker atau cedera pada paru, PPOK, dan fibrosis paru dan kistik.

3. Mengobati dan mencegah kanker

Manfaat air rebusan kunyit untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah mengobati dan mencegah kanker. Salah satu sifat terapeutik dari kunyit adalah manfaatnya sebagai zat antikanker.

Sebagai rempah dengan kandungan antiradang dan antioksidan, kunyit dianggap mampu menurunkan risiko terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh sekaligus mencegah terjadinya mutasi sel menjadi kanker.

Tak hanya itu, rempah ini juga punya manfaat antitumor dengan cara membatasi pertumbuhan tumor dan penyebaran dari sel kanker.

Baca Juga: Catat! Cegah Kanker Sejak Dini dengan Mengonsumsi 20 Makanan Ini

4. Membantu mengendalikan sindrom iritasi pada usus besar atau IBS

Manfaat air rebusan kunyit untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah membantu mengendalikan sindrom iritasi pada usus besar atau IBS. 

Kunyit sudah lama dipakai sebagai salah satu obat herbal dan tradisional untuk berbagai masalah kesehatan yang terjadi pada sistem dan saluran pencernaan.

Salah satunya adalah manfaatnya dalam membantu mengelola rasa nyeri yang muncul saat mengalami sindrom iritasi usus besar atau IBS. 

5. Sebagai obat Antiinflamasi

Manfaat air rebusan kunyit untuk kesehatan tubuh yang kelima adalah sebagai obat antiinflamasi. 

Karena sifat kurkumin sebagai antiinflamasi atau anti-peradangan, khasiat daun kunyit terbukti bermanfaat bagi penderita osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Menurut para ahli, senyawa bioaktif kurkumin dapat membantu meringankan rasa sakit.

Uji klinis menunjukkan kurkumin berpotensi sebagai agen terapeutik pada penyakit seperti radang usus, pankreatitis, radang sendi, dan uveitis anterior kronis (salah satu penyakit mata), serta jenis kanker tertentu.

Itulah beberapa manfaat air rebusan kunyit untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui dan bisa Anda coba untuk merasakan manfaatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News