HOME, Keluarga

Simak! 5 Makanan yang Seharusnya Tidak Dibekukan Kembali dalam Lemari Pendingin

Simak! 5 Makanan yang Seharusnya Tidak Dibekukan Kembali dalam Lemari Pendingin

MOMSMONEY.ID - Membekukan kembali makanan tidaklah berbahaya. Namun, ada beberapa makanan yang seharusnya tidak dibekukan kembali.

Pembekuan kembali makanan terhadap beberapa makanan ini dapat menyebabkan beberapa hal, di antaranya dapat menurunkan kualitas, bentuk, rasa, hingga terjadinya kontaminasi bakteri.

Lantas, apa saja makanan yang seharusnya tidak dibekukan kembali?

Melansir dari The Kitchn dan Today, simak artikel ini selengkapnya!

Baca Juga: 4 Aturan Penting Membekukan Kembali Makanan Agar Tak Terkontaminasi

Protein mentah

Daging Sapi Mentah

Protein mentah, termasuk daging merah, seafood, hingga ayam merupakan makanan yang seharusnya tidak dibekukan kembali, terutama apabila sudah berada lebih dari 2 jam pada suhu ruang.

Protein mentah hanya boleh dibekukan apabila Anda belum menyimpannya lebih dari 2 jam pada suhu ruang. Sebab, pada suhu ruang, bakteri dapat berlipat ganda secara cepat, terutama pada protein mentah yang mudah membusuk.

Baca Juga: Cara Efektif Mensterilkan Botol Susu Bayi yang Bebas Bakteri, Moms Wajib Tahu!

Makanan ready meal

Makanan Ready Meal

Makanan ready meal merupakan makanan yang bisa langsung dimakan hanya dengan memasukkannya ke dalam microwave dalam waktu beberapa menit saja.

Makanan ready meal ini biasanya terdiri atas karbohidrat, protein, serta makanan berserat yang disajikan dalam satu wadah yang sama dan dibekukan.

Makanan ready meal ini biasanya cocok disantap oleh orang-orang sibuk yang ingin makan enak secara cepat dan praktis, tanpa membuang-buang waktu.

Namun disarankan untuk tidak membekukan kembali makanan ready meal, karena selain menurunkan kualitas makanan, pembekuan ulang rentan akan kontaminasi bakteri.

Baca Juga: Ingat! 7 Bahan Makanan Ini Tak Perlu Disimpan di Kulkas

Es Krim

Es Krim

Es krim merupakan makanan yang sangat mudah mencair. Apabila Anda tidak berniat untuk menghabiskan es krim, disarankan untuk membuat milk shake dari es krim tersebut.

Daripada membekukan kembali es krim, lebih baik mengubah es krim menjadi makanan lain.

Membekukan kembali es krim membuat teksturnya menjadi aneh dan kualitas es krim menurun.

Baca Juga: Resep Praktis Bikin Pisang Goreng Green Tea yang Manis dan Legit

Baca Juga: Hati-hati! 7 Bahan Makanan Ini Tak Boleh Dibeli dalam Jumlah Banyak

Jus konsentrat

Jus konsentrat

Pada produk buah seperti jus konsentrat atau jus buatan, fermentasi terjadi secara cepat. Rasa dan kualitas jus akan berubah apabila dibekukan kembali saat jus telah dikeluarga pada suhu ruang.

Apabila anda berniat untuk meminum sedikit jus konsentrat, Ada baiknya untuk menuangkan sedikit dalam gelas, dibandingkan harus mengeluarkan jus dan jus dibekukan kembali.

Baca Juga: Kulkasmu Kotor dan Berbau? Simak 5 Cara Bersihkan Kulkas dari Bau Tak Sedap

Makanan yang mengandung mayones

Makanan yang mengandung mayones, seperti salad hijau, salad daging, ataupun salad ayam, seharusnya tidak dibekukan kembali dalam lemari pendingin.

Terlebih jika mayones tersebut mengandung susu, disarankan untuk menyantapnya sekaligus, tanpa harus membekukannya kembali. Ini disebabkan produk susu akan berubah tekstur apabila dibekukan kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News