Simak 5 Kesalahan Menggunakan Serum Wajah yang Sering Terjadi Tanpa Disadari

Reporter: Ana Risma
Sabtu, 18 September 2021 | 18:15 WIB
Simak 5 Kesalahan Menggunakan Serum Wajah yang Sering Terjadi Tanpa Disadari

MOMSMONEY.ID - Termasuk produk holy grail, serum banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan penampilan kulit wajah.

Meskipun dibanderol dengan harga yang cenderung mahal, serum terbukti mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, kulit kusam, noda hitam, hingga tanda-tanda penuaan dini.

Oleh sebab itu, serum wajib digunakan dengan benar supaya hasilnya maksimal. Agar penggunaan produk serum tidak berujung sia-sia, Anda juga harus menghindari 5 kesalahan dalam menggunakan serum sebagaimana dilansir dari Best Health sebagai berikut.

Baca Juga: 6 Kesalahan dalam Rutinitas Skincare yang Sering Terjadi, Bisa Bikin Kulit Rusak!

1. Menggunakan serum untuk menggantikan moisturizer

Produk serum yang rata-rata dibanderol dengan harga cenderung lebih mahal tidak berarti bisa menggantikan peranan moisturizer.

Pada dasarnya serum dan mositurizer merupakan dua produk yang amat jauh berbeda baik dari segi formula maupun fungsinya. Apabila Anda melupakan moisturizer dan hanya mengandalkan serum, maka kulit Anda akan kehilangan hidrasi sekaligus rentan terhadap penuaan dini dan permasalahan kulit lainnya.

2. Mengaplikasikan serum setelah pelembab

Dalam rutinitas skincare harian Anda, kira-kira Anda menggunakan serum dulu baru pelembab atau justru sebaliknya? Urutan yang tepat adalah serum dulu baru pelembab. Mengapa begitu?

Jika Anda mengaplikasikan pelembab terlebih dahulu, maka produk serum akan kesulitan untuk menembus ke dalam kulit Anda. Akibatnya, formula yang terkandung di dalam serum pun tidak akan bekerja secara efektif pada kulit Anda. Hal ini dikarenakan pelembab mengandung SPF dan bahan-bahan lainnya yang bisa menghasilkan layer penghambat masuknya serum.

Supaya penggunaan serum tidak sia-sia, pastikan Anda mengaplikasikan serum sebelum menambahkan pelembab. Sebelum beralih ke pelembab, diamkan serum sejenak hingga produk terserap oleh kulit Anda.

3. Takaran serum tidak tepat

Karena mengandung bahan-bahan aktif dengan konsentrasi yang cenderung tinggi, jadi takaran serum yang digunakan haruslah tepat supaya hasilnya maksimal.

Jika Anda mendapati kulit wajah Anda bermasalah akibat penggunaan serum atau merasa serum yang Anda gunakan tidak menampakkan hasil apa-apa, kemungkinan besar takaran serum yang Anda pakai tidaklah sesuai. Gunakanlah serum dengan takaran sebesar kacang polong jika Anda menggunakannya hanya pada wajah. Apabila Anda mengaplikasikan serum ke leher juga, Anda bisa menambahkan takarannya sedikit lebih banyak, kira-kira seukuran kacang polong juga.

Bila melebihi takaran tersebut, itu sama saja Anda membuang-buang uang dan tidak akan ada efek tambahan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan serum yang berlebihan.

4. Tidak menggunakan serum secara teratur

Serum bukanlah masker atau face scrub yang boleh digunakan beberapa kali saja dalam seminggu. Serum adalah bagian dari prosesi skincare yang harus dilakukan secara rutin setiap harinya.

Ketika Anda menggunakan serum secara jarang-jarang namun menginginkan hasil yang maksimal, itu artinya Anda sedang bermimpi. Idealnya, serum harus diaplikasikan sebanyak dua kali dalam sehari yakni setiap pagi dan malam hari menjelang tidur. Supaya efektif, pastikan Anda menggunakan serum di pagi hari sebelum mengaplikasikan day cream dan gunakan serum sebelum night cream ketika malam hari.

5. Asal memilih serum

Kesalahan umum dalam penggunaan serum yang terakhir adalah tidak mencocokkan formula dan klaim serum dengan kebutuhan kulit.

Menggunakan serum yang tidak sesuai dengan kondisi kulit tidak hanya akan berakhir sia-sia, melainkan juga bisa mendatangkan berbagai permasalahan kulit. Apabila Anda sudah menemukan serum yang cocok dengan kulit Anda, selalu ingat untuk menggunakannya dengan benar sesuai petunjuk dan barengi juga dengan penggunaan pelembab.

Sekian informasi seputar kesalahan umum dalam penggunaan serum yang bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk memperbaiki kebiasaan Anda ketika mengaplikasikan serum jikalau selama ini masih kurang tepat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan informasi ini ke orang-orang terdekat Anda ya!

Selanjutnya: 6 Kebiasaan Mandi yang Bisa Merugikan Kulit. Apa Saja?

 

Editor: Ana Risma
Terbaru