HOME, Keluarga

Simak, 5 Cara Perkenalkan Menstruasi bagi Anak Praremaja

Simak, 5 Cara Perkenalkan Menstruasi bagi Anak Praremaja

MOMSMONEY.ID - Tidak terasa anak perempuan Moms akan beranjak remaja. Nah, saat anak masih di fase praremaja, penting bagi Moms mempersiapkan pengetahuan seputar menstruasi sebagai bekal baginya kelak saat memasuki fase remaja.

Membicarakan menstruasi mungkin tabu untuk beberapa orang tua. Padahal, membicarakan menstruasi bersama anak adalah hal penting agar anak dapat mempersiapkan diri dengan baik. Biasanya menstruasi akan datang pada anak usia 12 tahun.

Jika masih bingung memulai komunikasi seputar menstruasi, Moms bisa mengikuti lima cara memperkenalkan menstruasi kepada anak yang dilansir dari theAsianparent:

1. Membicarakan bertahap di waktu yang berbeda

Menstruasi dan pendidikan seksual lain bukanlah topik yang bisa Moms bahas dalam satu pembicaraan. Butuh waktu bertahap agar anak tidak kewalahan dan kebingungan menerima informasi baru.

Baca Juga: Mitos-Mitos Menstruasi ini Masih Sering Dipercaya Kaum Hawa

2. Bicarakan dengan nada positif

Berbicara mengenai menstruasi memang perlu kehati-hatian. Sebab, erat kaitannya dengan darah yang mungkin menakutkan bagi anak. 

Moms bisa menggiring cara anak melihat menstruasi. Jelaskan dengan positif bahwa menstruasi merupakan proses alami yang terjadi kepada setiap perempuan.

3. Sesuaikan dengan usia anak

Sesuaikan obrolan seputar menstruasi ini dengan usia dan pengetahuan anak. Misal, saat anak usia 6 tahun menemukan pembalut di lemari Moms, sampaikan saja barang tersebut adalah untuk Moms gunakan saat sedang menstruasi.

Jika yang menemukan adalah anak usia 10 tahun, maka moms bisa menjelaskan secara spesifik tentang cara kerja pembalut atau cara menggunakannya.

Baca Juga: Moms, Cermatilah 3 Ciri-Ciri Kulit yang Sehat

4. Hindari sekadar memberi video atau buku tentang menstruasi

Di zaman sekarang tentu sangat mudah mendapatkan informasi termasuk seputar menstruasi. Ketika Moms sedang menjelaskan proses menstruasi kepada anak, sebaiknya bukan sekedar memberi video atau buku saja. Dampingi anak saat menonton atau membaca. Selanjutnya, Moms bisa mengajak anak untuk diskusi lebih lanjut tentang menstruasi.

5. Bicarakan menstruasi kepada anak laki-laki

Akan menjadi  tabu saat membicarakan menstruasi kepada anak laki-laki. Namun, moms perlu juga berdiskusi dengan anak laki-laki mengenai menstruasi. Hal ini agar mereka dapat memahami apa yang dialami oleh teman, saudara perempuannya, ibunya dan istrinya kelak.

Selanjutnya: Pahami 7 Cara Mendidik Anak Usia Dini, Mom

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News