Bugar

Simak 5 Cara Mencukur Kumis dan Jenggot yang Benar, Wajah Tampil Bersih

Simak 5 Cara Mencukur Kumis dan Jenggot yang Benar, Wajah Tampil Bersih

MOMSMONEY.ID - Pria perlu tahu cara mencukur kumis dan jenggot yang benar. Jangan asal-asalan mencukur kumis dan jenggot karena bisa mengalami risiko rambut ingrown, luka, dan iritasi.

Sehingga, Anda perlu berhati-hati karena luka saat shaving bisa menjadi gerbang masuknya bakteri yang menempel pada rambut kumis dan janggut. 

Jika Anda ingin tampilan rapi dan bersih, simak cara mencukur kumis dan jenggot yang benar dilansir dari thebodyshop.co.id:

 Baca Juga: Nggak Ribet! Ini 5 Tips Grooming Mudah Bagi Pria, Coba Yuk!

1. Exfoliate secara reguler

Cara pertama mencukur kumis dan jenggot adalah exfoliate secara reguler. Pentingnya melakukan exfoliate pada pria karena bisa mengangkat kotoran, debu, sel kulit mati, dan minyak yang menumpuk pada wajah

Bayangkan, bakteri yang menempel pada kulit dan rambut yang masuk ke dalam tubuh melalui luka cukuran.

Pakar grooming kumis dan janggut sudah mengakui bahwa sangat penting bagi pria untuk menjaga kebersihan kulitnya. Jadi, pria juga perlu merawat kulit wajah dengan produk skincare. 

2. Bercukur setelah mandi air hangat

Cara mencukur kumis dan jenggot selanjutnya adalah bercukur setelah mandi air hangat.  Air hangat bisa membantu kulit untuk bersiap dengan membuka pori-pori wajah yang memudahkan proses cukur nantinya.

Alternatifnya, Anda bisa membasuh wajah dengan handuk yang direndam dalam air hangat. Tapi, cara ini harus dilakukan beberapa kali sambil menunggu. Waktu Anda akan terpakai secara efektif dengan mandi di bawah air hangat. 

Baca Juga: Kenali Perbedaan Purging dan Breakout Pada Wajah

3. Sebelum mencukur, potong janggut yang menutupi kulit dagu dan pipi

Kemudian, potong janggut yang menutupi kulit dagu dan pipi sebelum mencukur. Logikanya, alat pencukur yang Anda pakai itu akan bekerja dengan efektif apabila ia bisa menyentuh rambut sampai mendekati akarnya.

Kalau janggut masih menutupi kulit, razor hanya akan menyentuh batang rambut, sehingga hasil cukuran tidak akan rapi dan bersih.

4. Aplikasikan shaving cream atau shaving gel

Berikutnya, mulai mencukur kumis dan janggut dengan produk shaving cream atau shaving gel. Usap shaving cream atau shaving gel pada semua area wajah dan leher yang akan dicukur. Aplikasikan dengan merata sampai semua bagian tertutupi

5. Bilas dan gunakan pelembab secara perlahan

Setelah mencukur, sekarang Anda bisa membilas wajah dengan air hangat. Hindari membilas wajah dengan menggosok tangan secara kasar karena gestur ini akan memicu tumbuhnya ingrown.

Keringkan dengan handuk dengan cara ditepuk perlahan sampai kering. Setelah kering, selesaikan dengan memakai pelembab dengan cara menepuk pelan (tidak dioleskan) ke seluruh area wajah yang dicukur. 

Sekarang Anda sudah tahu cara mencukur kumis dan jenggot yang benar. Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News