Bugar

Simak 4 Manfaat Kentang untuk Wajah yang Harus Anda Tahu

Simak 4 Manfaat Kentang untuk Wajah yang Harus Anda Tahu

MOMSMONEY.ID - Tidak hanya enak, kenali banyak manfaat kentang untuk wajah. Kentang sering dijumpai di berbagai jenis hidangan. Kentang mengandung protein, serat, gula, vitamin C, vitamin B6, vitamin K dan potasium di dalamnya.

Membuat sayuran ini memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit. Selain dikonsumsi, kentang juga bisa diolah menjadi masker wajah.

Jika Anda tertarik dengan kentang sebagai bahan alami perawatan kulit. Melansir dari herworld.co.id, simak empat manfaat kentang untuk wajah dan cara mengolahnya, yakni : 

1. Mencerahkan Kulit

Manfaat pertama kentang untuk wajah adalah dapat mencerahkan kulit. Kentang mengandung enzim katekolase yang dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan bintik hitam akibat paparan sinar matahari. 

Kentang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, seng, potasium, dan fosfor berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Sehingga, wajah akan terbebas dari bekas jerawat dan lebih terhidrasi.

Selain itu, kentang dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit dengan kandungan asam azelaic nya. Banyak sekali kandungan terbaik di dalam kentang untuk kulit.

Memanfaatkan kentang bisa dijadikan masker alami, caranya dengan mencampurkan kentang dengan yoghurt atau jus lemon, kemudian mengoleskannya pada wajah. Lakukan cara ini secara teratur agar memperoleh hasil yang optimal. 

2. Mengatasi Jerawat

Manfaat kentang untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi masalah jerawat. Masalah kulit ini memang tidak ada habisnya, jerawat dapat menyebabkan infeksi pada kulit wajah. Oleh sebab itu, rawat kesehatan kulit dengan pemakaian produk skincare atau bahan alami seperti kentang.

Menurut penelitian, kandungan sitokin dan asam azelat dalam kentang dapat membantu mengurangi jerawat dan peradangan pada wajah.

Sehingga, mengolah kentang menjadi masker dan mengaplikasikannya pada wajah bisa menjadi salah satu cara alternatif untuk memulihkan jerawat.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Green Tea untuk Kulit Wajah

3. Menghidarasi Kulit

Kentang bermanfaat untuk menghidrasi kulit, sehingga sangat disarankan bagi pemilik kulit kering. Mendapatkan kulit glowing dan sehat dapat dimulai dari menjaga kelembapan kulit.

Kandungan kalium pada kentang berfungsi untuk mengatur jumlah air dalam sel tubuh. Dengan demikian, kelembapan kulit akan terjaga lebih lama.

4. Mencegah Munculnya Kerutan 

Manfaat kentang untuk wajah lainnya adalah dapat mencegah munculnya kerutan. Seiring bertambahnya usia tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, bintik-bintik hitam, dan kulit kendur akan muncul. Kerutan bisa dialami siapa saja, namun masih bisa diperlambat. 

Kerutan muncul akibat produksi kolagen semakin berkurang. Kandungan antioksidan pada kentang berfungsi untuk melawan radikal bebas, yaitu salah satu pemicu munculnya kerutan pada wajah.

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan kentang sebagai masker wajah alami untuk mengatasi masalah ini. 

Caranya dengan memarut kentang dan mengoleskannya pada wajah. Diamkan selama dua menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap minggu. 

Itulah beberapa manfaat kentang untuk wajah, selain enak dikonsumsi kentang juga bisa Anda olah menjadi masker wajah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News