Simak 4 Cara Ampuh Membuat Tidurmu Lebih Nyenyak

Reporter: Raissa Yulianti
Rabu, 14 Juli 2021 | 15:34 WIB
Simak 4 Cara Ampuh Membuat Tidurmu Lebih Nyenyak

ILUSTRASI. Tempat tidur di ruang isolasi di Rumah Sakit Darurat Pangkalan Marinir Jakarta, Sabtu (10/7/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.

MOMSMONEY.ID - Pernahkah anda tidur tapi merasa gelisah? Tidur yang seperti itu pastinya sangat membuat tidak nyaman. Alih-alih merasa segar, ketika bangun tidur tubuh anda merasa jauh lebih lelah daripada sebelumnya.

Tidur yang tidak nyenyak akan membuat tubuh dan pikiranmu menjadi kurang fokus. Hal ini akan menjadi efek domino yang buruk dalam menjalankan aktivitas sehari-hari anda.

Tidur yang kurang nyenyak juga akan membuat emosi menjadi tidak stabil. Pengaruh rasa pusing akibat tidur yang gelisah membuat harimu buruk.

Untuk mengatasinya, berikut MomsMoney berikan cara-cara ampuh agar mendapatkan tidur yang nyenyak yang dirangkum dari Healthline, Mayo Clinic, Help Guide, dan Sleep Foundation.

Baca Juga: Bahaya Konsumsi Dosis Vitamin D Berlebih

Buat jadwal tidur

Sisihkan waktu 8 jam bagi tubuhmu untuk dapat beristiraat dengan melakukan tidur yang nyenyak. Jangan buat pikiranmu tetap bekerja meski anda sedang tertidur.

Agar dapat tidur 8 jam, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat jadwal tidur.

Menurut Mayo Clinic, tidur yang baik bagi orang dewasa adalah setidaknya 7 jam. Kebanyakan orang tidak membutuhkan tidur lebih dari 8 jam.

Agar dapat disiplin melakukannya, maka yang harus dilakukan adalah membuat jadwal tidur & jadwal bangun. Lakukan hal ini setiap harinya pada jam yang sama. Lambat laun tubuhmu akan terbiasa dengan jadwal tidur yang baru ini.

Mengurangi cahaya biru

Mengutip dari Healthline, cahaya di siang hari bermanfaat, namun paparan pada malam hari akan memberikan efek yang sebaliknya. Hal tersebut karena otak seperti sedang ditipu seolah-olah sedang berada di waktu siang hari. Inilah yang menyebabkan tidur anda kurang nyenyak.

Cahaya biru dipancarkan oleh berbagai perangkat elektronik seperti televise, HP, dan laptop.

Untuk itu, anda bisa mematikan semua perangkat elektronik 2 jam sebelum tidur. Hal tersebut dapat benar-benar membantu membuat tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Variety Show Hingga Drama Korea Bertema Makanan

Berolahraga di siang hari

Menurut Help Guide, orang yang berolahraga pada siang hari secara teratur akan lebih nyenyak tidur pada malam hari. Olahraga teratur juga dapat membantu mengurangi gejala sleep apnea dan insomnia.

Melakukan meditasi dan relaksasi

Jika langkah-langkah di atas belum juga ampuh, maka lakukanlah meditasi/relaksasi.

Cobalah teknik relaksasi yang direkomendasikan oleh Sleep Foundation. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Bersantai. Buatlah tubuhmu santai, alih-alih membuat tubuh tertidur. Terlalu fokus untuk tidur hanya akan membuat kamu menjadi tidak tidur.
  • Kendalikan pernapasan
  • Lakukan meditasi secara sadar
  • Buatlah otot-otot pada tubuhmu rileks.

Dengan melakukan cara-cara di atas, kamu akan mendapatkan tubuh yang jauh lebih ringan daripada sebelumnya. Tubuh yang rileks akan membantumu untuk mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari.

Selanjutnya: Ragam Penyakit Kulit yang Bisa Diderita Bayi

 

Editor: Raissa Yulianti
Terbaru