HOME, Keluarga

Siapkan Hal-Hal Ini Sebelum Beralih ke Smart Home

Siapkan Hal-Hal Ini Sebelum Beralih ke Smart Home

MOMSMONEY.ID - Beralih ke sistem smart home memerlukan persiapan matang karena ada banyak hal baru yang harus Anda pelajari, seperti cara kerja teknologi smart home dan bagaimana cara mengoperasikannya dengan benar. Hal ini tentu dapat membuat kewalahan calon penggunanya.

Seringkali, karena tidak melakukan persiapan dan perencanaan yang matang, perangkat smart home yang sudah dibeli berakhir sia-sia karena penggunanya tidak bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada.

Dilansir dari gearbrain.comsmarthomeproducts.us, dan Cnet, berikut hal-hal yang perlu Anda siapkan sebelum beralih ke smart home.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar Sebelum Pasang Listrik di Rumah

Jaringan internet

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah jaringan atau koneksi internet. Karena seluruh pengoperasian sistem smart home bergantung pada koneksi internet, maka keberadaan internet di rumah hukumnya wajib.

Berikut hal-hal mengenai koneksi internet di rumah yang harus diperhatikan:

  • Kecepatan dan stabilitas koneksi. Keduanya penting supaya penggunaan perangkat smart home tetap berjalan lancar. Kecepatan dan stabilitas koneksi yang tidak baik bisa menyebabkan perangkat smart home tidak berjalan dengan semestinya.
  • Jangkauan. Jika Anda tinggal di rumah kecil hingga sedang, jangkauan Wi-Fi dan internet seharusnya sudah cukup memadai untuk mengoperasikan seluruh perangkat smart home. Namun, jika Anda tinggal di rumah besar atau bertingkat, penambahan router untuk memperluas jangkauan internet perlu dipertimbangkan.

Perangkat yang akan digunakan

Selanjutnya, Anda perlu menentukan apa saja perangkat smart home yang dibutuhkan di rumah.

Sebagai catatan, ada banyak sekali produk smart home yang tersedia di pasaran, seperti lampu, pengunci pintu, kamera CCTV, colokan listrik, bel pintu, sensor, dan lain-lain. Pilihlah perangkat-perangkat yang sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.

Anda bisa mengecek situs-situs penyedia perangkat smart home atau membaca review dari orang lain untuk melihat beragam varian perangkat dan menentukan perangkat apa yang cocok digunakan di rumah.

Baca Juga: Ini Dia Tips Untuk Menata Dapur Minimalis

Biaya

Hal terakhir yang tak kalah penting adalah persoalan biaya atau anggaran untuk menggunakan perangkat smart home.

Sebagai produk dengan teknologi yang lebih mumpuni daripada versi regulernya, wajar jika perangkat smart home umumnya lebih mahal. Sebagai contoh, lampu yang dapat tersambung dengan Wi-Fi melalui aplikasi smart home tentu lebih mahal dibanding lampu biasa.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menentukan anggaran yang sesuai sebelum mulai beralih menggunakan perangkat smart home.

Anda bisa membuat perhitungan sederhana mengenai daftar perangkat smart home yang dibutuhkan dan biayanya. Coba kunjungi toko resmi penyedia produk perangkat smart home (baik online atau offline) untuk melihat rincian harganya.

Itulah beberapa hal yang mesti Anda siapkan sebelum beralih ke smart home. Intinya, buatlah persiapan dan perencanaan yang matang sebelum menggunakan perangkat-perangkat tersebut.

Selamat bersenang-senang dengan perangkat smart home, ya!

Selanjutnya: Token Listrik Gagal Diisi? Mungkin Hal-Hal Ini Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News