AturUang

Siapkan 3 Rekening Ini dalam Mencapai Tujuan Keuangan

Siapkan 3 Rekening Ini dalam Mencapai Tujuan Keuangan

MOMSMONEY.ID - Guna mencapai tujuan keuangan, sebaiknya masing-masing orang memiliki tiga rekening. Berapapun uangnya, dalam mengatur uang pribadi tiap tujuan keuangan dipisahkan pada rekening yang berbeda. 

Ully Safitri, perencana keuangan Oneshildt, mengatakan, tiga rekening itu adalah rekening utama, rekening dana darurat, dan rekening investasi. Rekening utama tujuan penggunaannya sebagai tempat menerima gaji atau pendapatan lainnya dan melakukan transaksi pembayaran.

"Autodebet untuk tabungan minimal 10% dana darurat, investasi, dan pembayaran-pembayaran tagihan, bisa diset langsung dari rekening ini," kata Ully. 

Sebagai rekening utama, ada baiknya pilih yang dilengkapi fasilitas kartu ATM dan mobile banking. Selain itu, pastikan pilih rekening yang minim bahkan tidak ada admin bahkan tidak membebankan biaya transaksi pengguna.

Baca Juga: Ini Aplikasi Bantu Catat dan Kelola Keuangan

Rekening kedua adalah rekening dana darurat. Peruntukan rekening ini adalah tempat pemilik menabung dana darurat sebesar tiga hingga enam kali pengeluaran bagi yang masih lajang, atau empat hingga dua belas kali pengeluaran jika sudah menikah.

"Khusus rekening ini, makin minim akses makin baik, sehingga pemilik rekening tidak tergoda untuk menggunakan dana di tabungan kecuali untuk kebutuhan darurat," jelas Ully. 

Terakhir adalah rekening investasi untuk penerimaan hasil investasi seperti kupon bulanan dari obligasi, sukuk, pencairan investasi seperti deposito, reksadana, P2P lending, atau saham. 

"Sehingga, hasil investasi bisa terpantau dan dirayakan perkembangan saldonya. Dengan cara ini, pemilik tabungan akan ketagihan untuk berinvestasi daripada membeli barang-barang mewah yang sebetulnya tidak dibutuhkan," ujar Ully.

Nah, sudahkah Anda memisahkan uang di tiga rekening? Jika belum, yuk, mulai coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News