Santai

Siap-Siap Harga Smartphone Naik Akibat Melambungnya Harga Chip

Siap-Siap Harga Smartphone Naik Akibat Melambungnya Harga Chip

MOMSMONEY.ID - Intel, salah satu perusahaan chipset terbesar, dikabarkan akan menaikan harga chip sebagai dampak dari tekanan inflasi.

Sebagai produsen chip terbesar di dunia, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu akan menaikan harga sebagian besar prosesor dan chip sebesar 10% sampai 20%.

Dilansir dari GSMArena, upaya Intel ini merujuk pada kondisi operasional pendapatan mereka pada kuartal I. Intel menyatakan terdapat kenaikan tarif pada beberapa produksi termasuk chip karena tekanan inflasi. "Harga komponen utama pembuatan chip kian mahal," ungkap salah seorang sumber Intel.

Apalagi jika melihat angka inflasi dan indeks harga konsumen di AS semakin tinggi yakni 9,1% mulai bulan Juni 2022. Pihak Intel menyatakan kepada pelanggan mereka untuk bersiap karena kemungkinan akan terjadi kenaikan harga pada bulan September–Desember 2022 mendatang. 

Baca Juga: Simak Daftar Harga Smartphone Samsung A Series Terbaru Juli 2022 Simak Daftar Harga Smartphone Samsung A Series Terbaru Juli 2022

Untuk pesaing Intel dalam urusan produksi chip, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) juga mengalami hal yang sama. Karena TSMC juga mengalami peningkatan biaya operasional dan harga pembuatan chip yang melambung mahal juga, maka TSMC akan menaikan harga produksi chipnya. 

Dikabarkan TSMC akan menaikan harga tidak sebesar intel, TSMC akan menaikan harga produksi chip mereka sebesar 6% yang dirumorkan akan terjadi pada Januari 2023 mendatang.

Yang pasti, kenaikan harga chip dipastikan akan ikut mengerek harga produk smartphone global. Para analis memprediksi kenaikan harga bisa mencapai 5% hingga 10%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News